Jakarta Waspada Hujan Sedang Hingga Lebat Sepekan ke Depan
Seorang warga menggunakan payung menerobos lebatnya hujan di kawasan Kotabaru, Yogyakarta. (ANTARA-Noveradika)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI memprediksi Jakarta berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat selama satu pekan ke depan.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), status cuaca ekstrem di Jakarta berada pada level waspada.

"BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode tanggal 2 hingga 8 Oktober 2022 di wilayah DKI Jakarta," tulis akun Instagram @bpbddkijakarta, dikutip Senin, 3 Oktober.

BPBD DKI Jakarta menjelaskan, cuaca ekstrem di Jakarta satu minggu ke depan ditunjukkan dengan signifikasi dinamika atmofer berupa belokan dan perlambatan kecepatan angin.

Hal ini dapat meningkatkan pola konvektifitas, ditambah aktifnya fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin

"Sehingga dapat memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan," tulisnya.

Karena itu, BPBD DKI Jakarta mengimbau masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan sebagainya.

"Jika mengalami atau menemukan keadaan darurat, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112 atau menggunakan tombol darurat pada aplikasi Jakarta Aman," tandasnya.