Menlu Inggris: Prioritas Kami Mencegah Iran Memperoleh Senjata Nuklir
Menlu Inggris James Cleverly. (Wikimedia Commons/Foreign, Commonwealth & Development Office)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly pada Hari Senin mengatakan, Inggris akan terus menanggapi dengan sanksi terhadap Iran, ketika tindakannya tidak dapat diterima dalam upaya mengarahkan negara itu ke arah yang lebih baik.

"Prioritas kami adalah untuk mencegah Iran memperoleh senjata nuklir, tetapi sejalan dengan itu kami akan terus bertindak, untuk menanggapi ketika tindakan Iran tidak dapat diterima," kata James Cleverly menjawab pertanyaan setelah pidato di London, memberikan contoh dari pasokan drone ke Rusia untuk digunakan di Ukraina, seperti mengutip Reuters 12 Desember.

"Kami telah memberikan sanksi kepada mereka yang terlibat dengan itu, kami telah memberikan sanksi kepada mereka yang terlibat dengan penindasan brutal terhadap pengunjuk rasa di Iran dan kami akan terus mencoba dan mengarahkan Iran ke arah yang lebih baik," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Menlu Cleverly mengecam pasokan drone Iran yang membunuh warga sipil di Ukraina, seperti melansir The National News.

Ia pun menekankan, Inggris tetap menjadi sekutu yang "dapat diandalkan" meskipun terjadi kekacauan politik yang dialami tiga perdana menteri dalam waktu dua bulan awal tahun ini.

Cleverly menambahkan, rezim Teheran akan mendapat manfaat yang signifikan jika "mereka bersedia mengubah perilaku" dan menjadi "anggota komunitas internasional yang inklusif."