Kasus Petugas Dishub DKI Ditabrak Pesepeda yang <i>Nyelonong</i> ke Jalur TransJ Saat CFD Berakhir Damai, Padahal Terluka
Foto via Twitter @Areloghy

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Masdes Arouffy menjelaskan kelanjutan kasus pesepeda menabrak petugas Dishub yang menegurnya lantaran masuk jalur Transjakarta.

Masdes menjelaskan, peristiwa ini terjadi saat hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat pada Minggu, 11 Desember lalu.

"Ada pesepeda yang menabrak petugas yang sedang bertugas HBKB. karena pesepeda melaju di jalur khusus bus Transjakarta, oleh petugas diarahkan untuk keluar dari jalur tersebut. Tetapi, pesepeda tetap melaju hingga menabrak petugas Dishub," kata Masdes saat dihubungi, Senin, 12 Desember.

Masdes menyebut, petugas tersebut mengalami luka ringan pada bagian bibir akibat ditabrak pesepeda yang ditegurnya.

Anggota kepolisian juga sempat turun tangan untuk melakukan mediasi antara petugas Dishub dengan pesepeda tersebut. Meski terluka, petugas memutuskan untuk menyelesaikan kasus tersebut dengan damai.

"Pesepeda minta maaf dan persoalan berakhir damai. Petugas Dishub itu juga telah bertugas seperti biasa pada hari ini sejak pukul 06.00 pagi," ujar Masdes.

Dalam kesempatan itu, Masdes mengingatkan kepada para pesepeda untuk tidak menggowes sepedanya di jalur busway. Mengingat, saat CFD, pesepeda diarahkan di lajur paling kanan namun tidak keluar dari batas lajur dengan jalur busway.

"Pesepeda juga diminta untuk tidak melaju lebih dari 25 kilometer per jam. Hal ini untuk keselamatan sesama penggiat HBKB karena melaju di area ramainya orang yang berjalan kaki," tutur dia.

Sebagai informasi, kasus ini menjadi sorotan di media sosial Twitter. Akun @Areloghy mengunggah foto seorang pesepeda road bike dengan petugas Dishub yang tengah dimediasi polisi di samping Halte Tosari, Jalan Sudirman.

Sebagai saksi mata, @Areloghy menuturkan kasus itu bermula saat pesepeda memasuki jalur Transjakarta dan mendapat teguran dari petugas Dishub. Namun, pesepeda itu malah menabrak petugas dishub tersebut.

"Ada pesepeda ban tipis, baju ketat tapi sepatu enggak cetak-cetuk masuk ke Jalur TransJakarta, ditegur sama petugas Dishub Jakarta, malah ditabrakin petugasnya. Sinting emang!!" tulis akun @Areloghy pada Minggu, 11 Desember.