Pj Gubernur Heru Bentuk Tim Persiapan Acara Pertemuan Gubernur-Wali Kota ASEAN di Jakarta
(Foto: Humas Pemprov DKI).

Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono membentuk tim untuk mempersiapkan penyelenggaraan forum pertemuan gubernur dan wali kota se-ASEAN yang akan digelar tahun depan.

Hal ini ungkapkan Kepala Biro Kerja Sama Daerah DKI Jakarta Marulina Dewi usai penyerahan keketuaan Jakarta sebagai tuan rumah Mayors and Governors Meeting of the ASEAN Capital (MGMAC) 2023 kepada Heru.

“Jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membentuk tim untuk mempersiapkan Jakarta sebagai tuan rumah ASEAN 2023 dan MGMAC 2023," kata Marulina di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 6 Desember.

Marulina mengungkapkan, Heru telah menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan persiapan terbaik dalam mendukung penuh keketuaan Indonesia dalam acara ASEAN 2023 dan peran Jakarta sebagai tuan rumah MGMAC 2023.

"Kami juga akan intens berkoordinasi dengan Kemenlu, Sekretariat ASEAN dan lembaga lainnya dalam memastikan persiapan berjalan selaras dengan Pemerintah Pusat dan berjalan baik,” ujarnya.

MGMAC dirintis oleh Joko Widodo selaku Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2013. MGMAC adalah wadah bagi para pemimpin ibu kota negara-negara ASEAN untuk mendiskusikan gagasan dan praktik pengembangan, serta sebagai mekanisme untuk memperkuat kolaborasi di antara kota-kota tersebut.

Terkait hal ini, kemarin Heru Budi meminta jajarannya harus mempersiapkan gelaran forum internasional ini dengan matang dan bekerja lebih gesit.

Meskipun penyelenggaraan MGMAC 2023 masih akan berjalan pada akhir tahun depan, Heru memandang persiapan gelarannya sudah harus dilakukan sejak awal tahun 2023.

Sebab, Pemprov DKI juga masih harus mempersiapkan kebijakan jelang bulan Ramadan sampai Hari Raya Idulfitri pada bulan April, lalu persiapan HUT ke-496 DKI Jakarta pada 22 Juni, persiapan Hari Raya Kemerdekaan pada 17 Agustus, hingga persiapan PON 2023.

"Bapak-bapak di sini (dalam rapat pimpinan) kita harus gesit. Ditambah tugas-tugas kita, itu tugas yang mulia," kata Heru dalam rapat pimpinan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 5 Desember.