KTT ASEAN Akan Pertemukan Wali Kota dan Gubernur se-Asia Tenggara
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat menghadiri acara halalbihalal GOW di Gedung Wanita di Jalan Sudirman, Jumat (5/5/2023). (ANTARA)

Bagikan:

BOGOR - Ketua ASEAN Mayors Forum Bima Arya Sugiarto menyampaikan rencana pertemuan seluruh wali kota dan gubernur di dalam Association of South East Asian Nations (ASEAN) atau Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara dalam satu forum.

Bima Arya menyebutkan salah satu pembicaraan dengan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ialah menggabungkan pertemuan para wali kota dan gubernur dalam ASEAN Mayors Forum.

"Ya, saya 'kan diberikan mandat Ketua ASEAN Mayors Forum, merencanakan akan mengundang wali kota se-ASEAN ke Indonesia karena Indonesia adalah Ketua ASEAN," kata Bima Arya dikutip ANTARA, Jumat 5 Mei.

Bima menuturkan bahwa Heru Budi Hartono selaku Gubernur DKI Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia yang mengetuai KTT ASEAN juga berencana mengadakan pertemuan gubernur ibu kota se-ASEAN sehingga ada rencana penggabungan pertemuan tersebut.

"Pak Heru juga merencanakan akan menjadi tuan rumah dari pertemuan gubernur ibu kota se-ASEAN gitu. Jadi, ada pembicaraan, kami menggabungkan itu. Jadi, gubernur-gubernur se-ASEAN dan wali kota juga berkumpul di forum yang sama. Kemarin ada pembicaraan itu," jelasnya.

Bima menerangkan bahwa isu yang akan dibahas nanti masih dalam pembicaraan dengan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Itu yang nanti Pak (Penjabat) Gubernur (DKI Jakarta) dan saya akan membicarakan isu perkotaan seperti apa," ujarnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya menemui Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (5/5), untuk membahas persiapan terkait dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 dan kemacetan di sekitar Jalan Otista sebagai dampak pembangunan infrastruktur di daerah itu.

Bima tiba di Balai Kota DKI sekitar pukul 10.47 WIB mengenakan batik berwarna hitam dengan corak coklat langsung menuju ke pendopo Balai Kota DKI Jakarta.

Bima menjelaskan bahwa pihaknya sering berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta terkait dengan beberapa hal. Kali ini sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) maka akan dibahas pula soal keketuaan di KTT ASEAN.