Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menegaskan, keputusan menggeser jabatan Marullah Matali dari Sekretaris Daerah (Sekda) DKI menjadi Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata berdasarkan pertimbangan yang matang.

Hal ini Heru sampaikan dalam pembukaan rapat pimpinan yang dihadiri oleh sejumlah pejabat Pemprov DKI Jakarta, termasuk Marullah.

Heru mengaku dirinya membutuhkan posisi deputi yang saat ini kosong dan tak diisi pejabat definitif. Heru pun meminta semua pihak untuk tidak berburuk sangka atas keputusan tersebut.

"Perlu saya sampaikan di sini bahwa tugas-tugas Pak Deputi sangat terhormat. Di mana, nanti beliau akan membantu saya. Jadi jangan disalahpahamkan, bahwa saya membutuhkan Pak Marullah dalam skala yang lebih besar," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 5 Desember.

Heru membutuhkan Marullah sebagai Deputi Gubernur karena Jakarta memiliki sejumlah agenda penting. Salah satunya adalah pertemuan gubernur dan wali kota se-Asia Tenggara dalam forum Mayors and Governors Meeting of the ASEAN Capital 2023 (MGMAC 2023).

Mengingat Jakarta sebagai tuan rumah MGMAC 2023, Marullah sebagai Deputi Bidang Budaya dan Pariwisata nanti akan membantu Heru untuk memimpin jajaran Pemprov DKI Jakarta dalam mempersiapkan segala sesuatunya.

"Tugas tambahan untuk Pak Deputi bisa bersama sama saya untuk bisa mempersiapkan keketuaan ASEAN 2023. Nanti Pak Deputi bisa memimpin rapat di 2023, tapi bergantian dengan saya untuk koordinasi dengan pemerintah pusat," urainya.

"Sarana prasaran harus kita persiapkan, tempat pertemuan bilateral di mana, tempat nanti untuk kegiatan wisata di mana, tempa dinner-nya di mana. Itu sesuatu yang harus kita pikirkan secara detail," lanjut dia.

Marullah diangkat menjadi Deputi Gubernur DKI berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 139/TPA Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Pemprov DKI.

Dengan dilantiknya Marullah itu, baru ada satu dari empat Deputi Gubernur DKI definitif. Selain jabatan yang diemban Marullah, masih ada tiga posisi deputi lainnya, yakni Deputi Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup yang dijabat pelaksana tugas (Plt); Deputi Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman yang masih kosong; serta Deputi Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi yang masih kosong.

Untuk mengisi kekosongan sementara, Heru melantik Uus Kuswanto menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah DKI. Rencananya, pengangkatan Sekda DKI definitif diperkirakan bisa terpilih pada akhir Desember 2022 atau awal Januari 2023.