Kisah Heroik Supir Taksi Bluebird Bantu Proses Persalinan Bayi di Medan
Penyerahan bingkisan dari Bluebird Taksi (dok. Bluebird Taksi Medan)

Bagikan:

JAKARTA - Selama pandemi Covid-19, jumlah pengguna layanan taksi konvensional mengalami penurunan yang signifikan. Terlebih pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB di sejumlah kota di Indonesia. 

Namun belum lama ini, beredar video di media sosial yang memperlihatkan sebuah taksi tengah berhenti di depan apotek dan ramai dihampiri warga. Diketahui video yang diunggah akun Instagram @taukotembung pada 30 November itu memperlihatkan seorang penumpang taksi yang terpaksa melahirkan saat sedang perjalanan ke rumah sakit.  

Sontak peristiwa yang terjadi di Jalan Beringin, Pasar 7 Tembung, Kota Medan, Sumatra Utara (Sumut) itu membuat heboh warga sekitar. Hal itu tentu menjadi pengalaman tak terlupakan bagi Dedi Ari Adi, sopir taksi Bluebird yang membawa penumpang tersebut. 

"Tidak menyangka, karena selepas magrib malam itu, saya menerima pesanan untuk membawa tiga penumpang yang terdiri dari ayah, ibu dan puteri berumur dua tahun. Semuanya duduk di bangku belakang," kata Dedi dalam keterangan pers Bluebird yang diterima VOI, Rabu, 16 Desember. 

Selama perjalanan kurang lebih 37 menit, dirinya tak menyadari jika sang ibu ternyata dalam kondisi hamil. Di mana perjalanannya ke Jalan Tembung Pasar Lima merupakan klinik persalinan. 

Namun karena situasi jalan yang macet, Dedi merasa tak yakin dapat mengantarkan penumpangnya ke klinik tepat waktu. Sehingga ia mengusulkan untuk mencari rumah sakit terdekat. 

"Si Ibu ternyata mengalami kontraksi yang tidak tertahan lagi dan terpaksa melahirkan bayinya di dalam mobil. Saya langsung ambil inisiatif mencari klinik terdekat untuk segera ditangani, di mana ia berhenti di sebuah apotek yang semula dikira klinik," tuturnya.

"Saat ayah bayi berlari menuju apotek, saya langsung cari bantuan warga di sekitar untuk menuju ke klinik persalinan di Tambung Pasar Lama," imbuhya.

Dibantu warga sekitar, Dedi memacu taksi yang dikendarainya untuk mengantarkan si ibu dan bayi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut di klinik persalinan. Setibanya di klinik, dirinya langsung memapah sang ibu dan mengantarkannya ke bayi yang dilahirkannya di dalam taksi.

"Lega mendengar ibu dan bayinya perempuan dalam keadaan sehat. Tidak membayangkan proses melahirkan di taksinya.

Atas layanan luar biasa -tanpa pamrih- yang memberikan nilai lebih kepada setiap penumpang. Pihak Bluebird menganugerahi penghargaan "Pahlawan Biru" bagi Dedi, karena telah berjasa mengantarkan ibu dan bayi dengan selamat. 

"Apa yang dilakukan dan ditunjukkan Dedi merupakan contoh nyata dari komitmen perusahaan untuk selalu memberikan dan mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan kepada para pengguna jasa," kata Manager Bluebird Medan, Achmad Suhandi.