Reuni 212 di Masjid Agung At-Tin Jumat Mendatang, Polres Jaktim Terjunkan 640 Personel Siapkan Rekayasa Lalu Lintas
Sejumlah massa mengikuti aksi Reuni 212 di Jakarta, Kamis (2/12/2021). ANTARA FOTO

Bagikan:

JAKARTA - Satlantas Polres Metro Jakarta Timur menyiapkan rekayasa lalu lintas saat kegiatan Reuni 212 di Masjid Agung At-Tin pada Jumat, 2 Desember mendatang. 

Kasat Lantas Jakarta Timur AKBP Edy Surasa mengatakan, pihaknya juga menyiapkan sejumlah kantong-kantong parkir untuk menampung kendaraan.

"Itu alih arus ketika di depan Masjid Agung At-Tin kita asumsikan tidak bergerak. Ketika ternyata di luar dugaan, tentunya kita coba buka tutup alias alih arus juga," kata Edy di Jakarta, Antara, Rabu, 30 November. 

Edy menambahkan pengalihan arus lalu lintas dari arah Kramat Jati menuju ke Pondok Gede diarahkan melalui pintu satu dan dari Jalan Bambu Apus ke Garuda atau Masjid Agung At-Tin diarahkan ke Kampung Rambutan.

Dia memperkirakan pada kegiatan tersebut akan diikuti sebanyak 1.500 sampai 3.000 massa, sehingga pengalihan arus lalu lintas bersifat situasional dengan melihat kondisi di lapangan.

"Kantong parkir terdekat bisa menampung 200 bus. Kemudian di (gedung) pewayangan untuk roda dua bisa 1.500. Artinya itu cukup tidak berdampak di jalan pada parkir sembarangan," ujar Edy.

Lebih lanjut, Edy mengatakan pihaknya mengerahkan 640 personel untuk mengatur lalu lintas saat kegiatan Reuni 212 di Masjid Agung At-Tin.

Tak hanya itu, petugas Satlantas Polres Metro Jakarta Timur juga mulai bersiaga untuk mengantisipasi massa kedatangan massa peserta Reuni 212 yang tiba di Masjid Agung At-Tin sejak Kamis malam. 

"Kegiatan (mulai) jam 03.00 WIB pagi, maka tahap pertama akan ada apel​ jam 21.00 WIB, antisipasi massa yang datang dari sore hari. Lalu acaranya kan diprediksi sampai Shalat Jumat selesai," kata Edy.