KTT G20 Bali Berkesan, Mahfud MD Ungkap India Bakal Ikuti Indonesia Bikin Program Penghijauan Mangrove
Presiden Jokowi ajak pemimpin G20 menanam mangrove bersama dalam rangkaian KTT G20 Bali di Tahura, Bali, Rabu 16 November. (BPMI Setpres)

Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi mengaku kagum terhadap pelaksanaan KTT G20 Bali 2022. Dia juga terkesima dengan program penghijauan hutan mangrove yang dilakukan Indonesia demi kelestarian lingkungan.

Hal itu disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD saat bertemu PM India. Mahfud mengaku, pertemuannya itu berlangsung setelah dirinya menjadi pembicara seminar di New Delhi, India pada Selasa 29 November.

"Secara khusus, PM Modi juga menyatakan kekaguman atas suksesnya pelaksanaan Kepemimpinan Indonesia dalam G20 serta program penghijauan hutan mangrove yang dikunjunginya saat di Bali beberapa waktu lalu," kata Mahfud dalam akun Instagramnya, @mohmahfudmd, Rabu 30 November.

Kepada Mahfud, PM India mengaku tergugah untuk menjalankan gagasan yang sama dalam melestarikan lingkungan di negaranya. "Hal itu memberi inspirasi bagi PM Modi untuk melakukan hal yang sama di India," imbuhnya.

Adapun kunjungan Mahfud ke India dalam rangka menjadi pembicara dalam seminar pencegahan radikalisme demi terciptanya kerukunan antarumat beragama.

"Kami menyamakan persepsi pentingnya hidup berdampingan dan kerukunan antaragama, termasuk menolak ekstremisme. Kami juga bertemu Penasehat Keamanan Nasional dan Menteri Luar Negeri India, berbicara hal-hal strategis kerjasama dua negara ke depan," ujar Mahfud.

Di India, Mahfud juga menyempatkan diri bertemu dengan perwakilan Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di New Delhi.

Mahfud berdialog dengan WNI yang terdiri dari mahasiswa, dosen universitas di India, hingga pekerja organisasi international. Pertemuan itu berlangsung di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di New Delhi.