BNPB Sebut Tenda Pengungsian Korban Gempa Bumi Cianjur Sudah Tersedia di Tiap Kecamatan
Warga di Desa Nagrak, Cianjur, Jawa Barat, memilih tidur di dalam tenda darurat yang di bangun di tengah lapangan terbuka/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan sudah mendirikan tenda pengungsian di 12 kecamatan yang terdampak akibat bencana gempa bumi. Tenda pengungsian terpusat di masing-masing kecamatan.

"Dari 12 kecamatan sudah berdiri tempat pengungsian, bahkan jumlahnya akan terus bertambah. Tempat pengungsian terpusat dari masing-masing kecamatan," kata Kepala BNPB Suharyanto, dikutip dari Youtube BNPB Indonesia, Selasa, 22 November.

Dia menjelaskan, pihaknya juga telah melihat antusias masyarakat yang mendirikan tenda seadanya di dekat rumah masing-masing.

"Kami BNPB, BPBD, TNI, Polri dan lainnya akan terus mendampingi. Kami usahkan pengungsi bisa masuk ke tempat pengungsian terpusat agar terjamin kesehatan," ujarnya.

Saat ini, sambungnya, BNPB posko komando penanganan darurat sudah beroperasi.

"Sekarang masih prioritas evakuasi korban. Kami pastikan tanggap darurat akan berakhir ketika semua korban sudah teridentifikasi dan sudah ditemukan," katanya.

BNPB akan bekerja maksimal hingga korban ditemukan dalam kondisi selamat dan meninggal dunia. "Kita akan berusaha semaksimal mungkin," ucapnya.