Dubai Bakal Miliki Resort Mewah Menyerupai Bulan, Biaya Pembangunannya Ditargetkan Rp78,2 Triliun
Ilustrasi Moon World Resort Dubai. (Instagram/moonworldresortsinc)

Bagikan:

JAKARTA - Jika tidak ada halangan, sebuah resor super mewah dilaporkan akan dibangun di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), bakal dinamakan Moon World Resorts.

Bangunan itu akan menjadi rekreasi 360 derajat dalam skala besar, lengkap dengan kawah dan tekstur yang terlihat realistis. 'Bulan' itu akan dibangun dengan tinggi mencapai 224 meter dan keliling 2.042 kaki.

Pengusaha yang berbasis di Kanada Michael R. Henderson, salah satu pendiri Moon World Resorts, mengatakan kepada CNN Travel, inti dari proyek ini adalah bulan adalah "merk yang dapat dikenali".

"Tujuh setengah miliar orang mengetahuinya, semua orang menyukainya," katanya, melansir CNN Travel 27 September

Menurut Henderson, Moon World Resorts akan menjadi "resor tujuan yang sangat mewah dan kontemporer, terintegrasi penuh, dengan banyak komponen fasilitas di dalamnya. Misalnya pusat konvensi, restoran hingga spa.

Rendering artis membayangkan interior bergaya pesawat ruang angkasa dan hiburan bertema, termasuk apa yang dianggap Henderson sebagai daya tarik utama, sebuah pengalaman yang mereplikasi bagaimana rasanya berjalan di bulan.

moon world resort
Ilustrasi Moon World Resort Dubai. (Instagram/moonworldresortsinc)

"Kami akan memberi Anda kemampuan seumur hidup Anda untuk berjalan di atas apa yang Anda yakini sebagai permukaan bulan," kata Henderson.

Proyek ini hadir dengan "tantangan teknis yang luar biasa," Henderson menjelaskan, tetapi dia dan salah satu pendiri Sandra G. Matthews bekerja sama dengan insinyur dan arsitek independen untuk mewujudkan konsep tersebut.

Tujuan jangka panjangnya adalah membangun empat resor Bulan, satu di Amerika Utara, satu di Eropa, satu di Timur Tengah dan Afrika Utara, serta satu di Asia.

UEA, khususnya Dubai, telah ditunjuk oleh perusahaan sebagai "calon terdepan" untuk pembukaan resor Moon World pertama.

Diterangkannya, hal ini karena UEA "sangat populer bagi turis" dan rumah bagi "banyak proyek infrastruktur".

Henderson mengatakan pengalaman Moon World Resort akan jauh lebih murah, dengan biaya 'pendaftaran' untuk berjalan di 'permukaan bulan' resor tersebut hanya 500 dolar AS per orang.

Ditambahkannya, ia berharap pemegang lisensi pertama, yang diperkirakan akan menginvestasikan 5 miliar dolar AS atau sekitar Rp78.207.000.000.000 untuk membangun, akan diperoleh pada akhir tahun 2022. Dia meramalkan pembukaan resor Moon World pertama lima tahun kemudian, pada tahun 2027.