Belasan Pohon di Kudus Tumbang Diterjang Angin Kencang
Pohon tumbang melintang di Jalan Jepara-Kudus setelah turun hujan deras disertai angin kencang, Kamis (17/11/2022). ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

Bagikan:

KUDUS - Belasan pohon di sejumlah jalan protokol di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, tumbang akibat diterjang hujan yang disertai angin serta ada yang melintang di jalan raya.

 "Dampak hujan yang disertai angin kencang yang terjadi hari ini, tidak hanya mengakibatkan 12-an pohon tumbang, melainkan ada sejumlah kabel jaringan telepon serta listrik milik PLN," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus Munaji dilansir ANTARA, Kamis, 17 November. 

Peristiwa hujan deras yang disertai dengan tiupan angin kencang terjadi Kamis  sekitar pukul 12.00 WIB dan mengakibatkan belasan tumbang yang terbesar di sejumlah daerah di Kudus.

Akibat kejadian tersebut, ada pohon tumbang yang mengakibatkan akses jalan terhambat karena pohon yang tumbang melintang di jalan.

 Pohon tumbang yang melintang di jalan, di antaranya di Jalan Kudus-Jepara, di Jalan Jenderal Sudirman, di Jalan Sunan Kudus, dekat perkantoran Mejobo serta di beberapa wilayah lainnya.

Arus lalu lintas memang sempat tersendat karena pohon tumbang tercatat melintang di sejumlah jalur padat kendaraan, seperti di Jalan Kudus-Jepara serta Jalan Jenderal Sudirman.

"Akan tetapi, berkat kesigapan petugas dari BPBD dan kepolisian, akhirnya arus lalu lintas bisa diatur agar tetap lancar sambil menunggu proses evakuasi pohon tumbang," ujarnya.

Akibat pohon tumbang juga menimpa lampu pengatur lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman, bangunan sekolah taman kanak-kanak (TK) di Desa Getas Pejaten, serta SD Pedawang. 

Untuk korban jiwa, hingga saat ini masih nihil, sementara untuk nilai kerugian ditaksir mencapai Rp6 juta.

Tim BPBD Kudus juga masih diterjunkan di sejumlah lokasi pohon tumbang, meskipun sebagian besar sudah dievakuasi sehingga akses jalan juga kembali normal.