Hujan Disertai Angin Kencang di Boyolali Tumbangkan Sejumlah Pohon
Petugas TRC BPBD dan TNI saat menyikirkan ranting pohon tumbang di Jalan Solo-Semarang tepatnya di Desa Ketaon, Kecamatan Banyudono Boyolali, Rabu (3/1/2024). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

Bagikan:

BOYOLALI - Sejumlah pohon tumbang akibat diterjang hujan deras yang disertai angin kencang di wilayah Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Hujan yang disertai angin kencang di Desa Ketaon, Kecamatan Banyudono Boyolali menyebabkan pohon roboh dan melintang di Jalan Nasional Solo-Semarang.

Sejumlah relawan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali dan TNI datang ke lokasi sekitar pukul 13.20 WIB melakukan evakuasi pohon yang tumbang.

Menurut Devi Listiani, warga setempat, ranting pohon trembesi tersebut tumbang dan melintang di Jalan Solo-Semarang.

Pohon tumbang menyebabkan arus lalu lintas sempat macet. Pada akhirnya relawan dan TNI melakukan evakuasi dengan memotong batang-batang pohon menjadi lebih kecil untuk disingkirkan.

Hujan deras disertai angin kencang terjadi, sekitar pukul 13.00 WIB. Kemudian, ada suara keras dan angin kencang sekali sehingga dirinya langsung lari keluar. Ternyata pohon Trembesi depan warung sudah roboh ke jalan. 

Sejumlah relawan dan anggota TNI segera melakukan evakuasi dalam kondisi hujan deras. Mereka memotong batang kayu dengan gergaji mesin, sehingga arus lalu lintas bisa kembali normal.

Pohon tumbang juga terjadi di Desa Dukuh Kecamatan Banyudono, Boyolali, akibat hujan dan diterjang angin kencang. Kejadian itu, tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Petugas dari TRC BPBD Boyolali melakukan evakuasi pohon tumbang dengan pemotongan gergaji mesin untuk disingkirkan. Ada dua lokasi pohon tumbang di tengah jalan di Desa Dukuh dan satu lainnya hampir mengenai rumah warga setempat.