Polres Bangka Barat Perketat Pengawasan di Pelabuhan Tanjungkalian Cegah Masuknya Barang Ilegal
Polisi Resor Bangka Barat memeriksa barang bawaan armada angkutan barang yang melintasi kawasan Pelabuhan Tanjungkalian Mentok/ANTARA

Bagikan:

BANGKA - Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperketat pengawasan keluar masuk kendaraan angkutan barang di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok untuk mencegah kemungkinan peredaran barang ilegal.

"Pengetatan pengawasan yang dilakukan tim gabungan ini kam harapkan bisa mengantisipasi kemungkinan masuknya berbagai jenis barang ilegal dan barang terlarang lain melalui pelabuhan tersebut," kata Kepala Satuan Polair Polres Bangka Barat Iptu Sugiyanto di Mentok, Antara, Kamis, 10 Oktober. 

Menurut dia, pelabuhan Tanjungkalian Mentok merupakan pintu gerbang utama jalur penyeberangan laut yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Sumatera.

"Jalur ini cukup padat dan dimanfaatkan untuk distribusi barang, baik dari Sumatera ke Bangka maupun sebaliknya sehingga kita perlu hadir untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan setiap kendaraan yang masuk maupun keluar," katanya.

Ia menjelaskan, personel Satpolair bersama personel Polres Bangka Barat dan petugas Pelabuhan Tanjungkalian terus melakukan pemeriksaan dengan cermat setiap kendaraan yang masuk kawasan pelabuhan tersebut.

Seluruh kendaraan yang masuk kawasan pelabuhan diperiksa barang bawaan dan muatan, jangan sampai barang-barang tanpa izin bisa masuk wilayah Pulau Bangka, termasuk barang berbahaya, narkoba dan lainnya.

Selain itu, petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap dokumen barang bawaan, surat dan kelengkapan kendaraan serta pengemudi.

"Sejauh ini masih aman terkendali, kami juga mengimbau kepada masyarakat agar proaktif memberikan informasi jika menemukan adanya dugaan yang mengarah pada pelanggaran atau tindak kejahatan, agar segera menghubungi ke Satpolair atau personel Polres Bangka Barat," katanya.

Dengan kehadiran personel di tengah masyarakat diharapkan kawasan Pelabuhan Tanjungkalian Mentok semakin kondusif, aman dan tertib sehingga masyarakat bisa beraktivitas dengan nyaman.

"Jika ditemukan dugaan tindak pelanggaran atau kejahatan di kawasan Tanjungkalian segera sampaikan ke kami agar bisa segera ditindaklanjuti dengan cepat," katanya.