Disorot karena Dahulukan 2 Mobil Saat Antre Panjang Masuk Kapal Feri, Polres Bangka Barat: Ada Kondisi Khusus
Kepala Seksi Humas Polres Bangka Barat Aipda Sri Iwan Alazhar menunjukkan bukti keterangan sakit yang dibawa pihak keluarga. (ANTARA/HO-Humas Polres Bangka Barat)

Bagikan:

BANGKA BARAT - Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan klarifikasi terkait adanya mobil yang menyerobot antrean kendaraan yang akan masuk kapal feri di Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok.

"Dua kendaraan yang langsung masuk ke kapal feri Belanak itu merupakan kendaraan keluarga yang memiliki keperluan mendesak karena ada anggota keluarga yang sedang sakit di Palembang," kata Kepala Seksi Humas Polres Bangka barat Aipda Sri Iwan Alazhar di Mentok, Antara, Kamis, 29 Desember. 

Klarifikasi ini diberikan terkait pemberitaan di salah satu media yang menyebutkan adanya kendaraan yang langsung masuk ke kapal feri tanpa mengantre.

Menurut dia, saat ini tim gabungan sedang memberikan pelayanan kepada para pelaku perjalanan yang akan menyeberang maupun yang datang jalur penyeberangan Pelabuhan Tanjungkalian, Pulau Bangka- Pelabuhan Tanjungapiapi, Sumatera Selatan.

Pada masa libur akhir tahun ini, jumlah penumpang kendaraan setiap hari mencapai ratusan sehingga membutuhkan penanganan dan pelayanan khusus agar antrean kendaraan berjalan lancar, tertib, aman dan nyaman.

"Terkait kejadian kemarin dua unit mobil itu memang keluarga yang sedang mengalami kondisi khusus tertentu sehingga tidak perlu mengantre. Kendaraan seperti ini termasuk dalam prioritas yang didahulukan," katanya.

Pihak keluarga juga sudah menunjukkan surat keterangan sakit dan surat keterangan dari pihak Kepolisian disertai foto anggota keluarga yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Dengan adanya klarifikasi resmi dari pihak Polres Bangka Barat ini diharapkan masyarakat bisa memaklumi dan tidak menimbulkan kegaduhan yang bisa mengganggu keamanan, ketertiban, kenyamanan dan kelancaran dalam pelayanan penumpang di Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok.

Pemberian perlakuan khusus kepada dua unit mobil tersebut sesuai dengan arahan Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo dan Bupati Bangka Barat Sukirman saat meninjau Posko Pelayanan di Pelabuhan Tanjungkalian.

Pada kesempatan itu, mereka mengingatkan agar petugas memberikan pelayanan maksimal kepada para pelaku perjalanan pada masa libur akhir tahun ini.

"Selain menyampaikan beberapa poin pelayanan dan kejadian khusus, kami juga sampaikan kepada anggota agar pelayanan maksimal mungkin kepada pemudik atau penumpang kapal. Kami juga menyediakan cek kesehatan gratis kepada para penumpang agar dapat menjaga kesehatan selama perjalanan dan sampai di rumah dengan selamat," kata Kapolres.