Kasus COVID-19 Melonjak Lagi, DPR Ingatkan Pemerintah Genjot Vaksinasi
ILUSTRASI UNSPLASH/Mufid Majnun

Bagikan:

JAKARTA - DPR kembali mengingatkan pemerintah untuk menggenjot program vaksinasi masyarakat seiring peningkatan kasus COVID-19 nasional.

Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo, menilai pemerintah tidak boleh menganggap remeh COVID-19 yang kembali melonjak.

“Melihat lonjakan penyebaran COVID-19 belakangan ini, saya ingin mengingatkan kembali betapa penting dan bermanfaatnya protokol kesehatan dan vaksinasi," ujar Rahmad kepada wartawan, Rabu, 9 November.

Selain vaksinasi, politikus PDIP ini juga mendesak pemerintah untuk mengampanyekan pencegahan varian baru COVID-19. Serta harus memperhatikan fasilitas layanan kesehatan.

“Pemerintah jangan sampai lelah kampanye soal COVID-19 belum berakhir. Masyarakat pun harus terus diedukasi dan program vaksinasi harus tetap disosialisasikan,” katanya.

Tercatat sebanyak 12 kasus COVID-19 varian XBB ada di Indonesia. Hal ini disinyalir terkait dengan kenaikan kasus COVID-19 di Indonesia. 

Dalam kurun satu minggu terakhir terjadi kenaikan kasus COVID-19 di 30 provinsi di Indonesia. Pada level nasional, selama empat hari terakhir juga terjadi peningkatan kasus sekitar 4.700 – 4.900 kasus.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Muhammad Syahril mengatakan Indonesia belum bisa dikatakan aman dari pandemi COVID-19, mengingat mutasi varian baru masih berpotensi terus terjadi.

“Varian XBB lebih cepat menular, kita harus waspada dan selalu proteksi diri” kata dr. Syahril.