COVID-19 Varian XBB Terkonfirmasi Masuk Jateng, Ganjar Minta Warga Perketat Prokes
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (dok Pemprov Jateng)

Bagikan:

JATENG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meminta masyarakat memperketat penerapan protokol kesehatan untuk mencegah bertambahnya pasien COVID-19.

Hal itu disampaikan Ganjar menanggapi kenaikan kasus COVID-19 di Jateng sebanyak 19 kasus. Termasuk pasien COVID-19 varian XBB.

"Protokol kesehatan perlu diperketat lagi sejalan vaksinasi booster juga dikebut ke daerah-daerah yang rajin melakukan vaksinasi," katanya, disitat Antara.

Menurut dia, pengetatan sebenarnya ada dua, yaitu pemakaian masker dan penyuntikan vaksin penguat atau booster.

"Untuk percepatan booster, kami realokasi untuk menolong kabupaten yang agak rajin untuk vaksinasi penguat. Kemarin Alhamdulillah sudah dikirim lagi untuk booster, sekarang kami genjot," ujarnya.

Ganjar menegaskan masyarakat akan tetap aman jika menerapkan protokol kesehatan secara ketat meski muncul varian baru Omicron XBB.

"Insya Allah kalau masyarakat disiplin, kumpul-kumpul gini pakai masker, mudah-mudahan aman, lah," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Yunita Dyah Suminar menambahkan, ada enam pasien yang teridentifikasi varian XBB di Jateng. Seluruh pasien tersebut berasal dari Semarang, Jepara, serta Grobogan.

Berdasarkan data corona.jatengprov.go.id hingga Rabu 9 November pukul 17.00 WIB, tercatat ada 3.440 kasus COVID-19 aktif atau naik 394 kasus dari sebelumnya.