Anak Lorong Basis Danny Pomanto hingga Menangi Quick Count di Pilkada Makassar
Calon wali kota Makassar Danny Pomanto unggul versi quick count (Instagram dpramdhanpomanto)

Bagikan:

MAKASSAR - Hasil hitung cepat (quick count) LSI Denny JA menunjukan keunggulan pasangan calon wali kota-wakil wali kota Makassar M Ramdhan 'Danny' Pomanto-Fatmawati Rusdi (ADAMA). Faktor warga lorong disebut berpengaruh.

Pengamat Politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Sukri Tamma menilai keberhasilan M Ramdhan Pomanto mengungguli tiga paslon lain karena punya pendekatan terhadap masyarakat yang berada di lorong.

“Selama ini Pak Danny Pomanto pendekatannya ke lorong ke lorong, di komunitas komunitas-komunitas di masyarakat" kata Sukri Tamma, dihubungi VOI, Rabu, 9 Desember.

Meski Danny Pomanto-Fatmawti hanya diusung dua partai yakni Gerindra dan NasDem, perolehan suara setidaknya tergambar dari quick count memperlihatkan gerakan Danny Pomanto menggarap kantong-kantong suara yang pernah menjadi basisnya.

“Tidak banyak partai politik di situ yang bermain, terlihat (parpol) bermain di belakang Dany Pomanto. Sehingga keberhasilan Danny Pomanto memenangkan pilkada hasil quick count, itu karena kemampuannya mengharap basis-basis yang dulu, yang pernah basisnya," jelasnya.

Pengaruh parpol pengusung disebut Sukri Tamma tetap ada. Pemilih tradisional dalam pandangan politik sambung dia tetap loyal terhadap keputusan partai. Tentu kader Gerindra dan NasDem yang duduk di DPRD punya andil terhadap sokongan dukungan untuk Danny Pomanto. 

“NasDem dan Gerindra, kedua partai ini juga  masif (pergerakan) di Sulsel. Tentu saja mungkin paling tidak, para pemilih tradisional di setiap partai, pasti suara partai tidak ke mana,” katanya.

Sementara program-program Danny Pomanto hampir sama dengan program semasa menjabat wali kota Makassar. Pomanto bisa saja dinilai mampu melaksanakan program karena pengalamannya. 

“Pak Danny mungkin dari program-program (yang ditawarkan) itu dianggap sama masyarakat lebih mampu mewujudkannya

Sebelumnya, Hitung cepat (quick count) sementara LSI Denny JA menunjukkan keunggulan sementara pasangan calon wali kota-wakil wali kota Makassar M Ramdhan 'Danny' Pomanto-Fatmawati Rusdi (ADAMA). Sementara posisi kedua ditempati pasangan calon wali kota Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman).

Dari data quick count LSI Denny JA, yang terpantau di Hotel Claro disebutkan data masuk 99,2 persen pukul 16.48 WIB, Rabu, 9 Desember.

Berikut hasil sementara quick count Pilkada Makassar sesuai nomor urut pasangan calon:

1. Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (ADAMA) 41,38 persen

2. Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman), 34,79 persen

3. Syamsu Rizal-Fadli Ananda (DILAN) 19,09 persen

4. Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun (IMUN) 4,74 persen