Siapa Danny Pomanto Sebenarnya
Danny Pomanto (Sumber: Instagram/dpramdhanpomanto, Ilustrasi: VOI/Raga Granada)

Bagikan:

JAKARTA - Danny Pomanto atau Ir. H Mohammad Ramdhan Pomanto adalah mantan Wali Kota Makassar periode 2014 sampai 2019. Danny maju kembali pada Pilkada Makassar 2020 didampingi Fatmawati Rusdi. Pasangan ini diusung oleh Partai Nasdem dan Partai Gerindra.

Danny lahir di Makassar pada 30 Januari 1964. Karirnya di dunia politik terkenal sudah malang melintang di Pulau Sulawesi.

Danny yang lulusan Universitas Hasanuddin pernah ikut kontestasi pemilihan gubernur Gorontalo namun gagal. Pada 2018, ia juga kembali maju sebagai wali kota Makassar berpasangan dengan Wakil Ketua DPRD Makassar Indira Mulyasari. Namun Danny Pomanto didiskualifikasi karena dianggap menyalahi aturan KPU. 

Dua tahun berlalu, Danny bertarung lagi. Ia jadi satu-satunya cawalkot di Pilkada Makassar 2020 yang didampingi seorang perempuan, yakni Fatmawati. Alasan dia dipilih tak lain karena pengalaman politiknya yang sudah cukup mapan.

Fatmawati, wanita kelahiran Parepare, 9 Mei 1980 ini pernah duduk di kursi DPR RI periode 2014-2019. Suaminya, Rusdi Masse juga berasal dari kalangan politik yakni mantan bupati Kabupaten Sidrap pada 2008 yang kini duduk di kursi anggota DPR RI. 

Siapa Danny Pomanto sebenarnya?

Danny Pomanto merupakan arsitek profesional. Karyanya bisa dilihat melalui Masjid Amirul Mukminin yang dibangun terapung di Pantai Losari, Makassar. Saat menjabat menjadi wali kota Makassar selama tiga tahun, ilmunya sebagai "penata" juga ia gunakan secara maksimal.

Ketika itu Danny fokus membangun lorong-lorong serta menata taman kota. Dalam pandangannya, lorong merupakan ruas jalan yang dihuni sejumlah besar rumah tangga. 

Lorong identik dengan keterbelakangan, sempit, kumuh dan label negatif lain yang terasosiasi. Atas dasar itulah, ia fokus membangun daerah tersebut.

Olan Nur Rakhmat Johansyah dalam tulisannya yang bertajuk Kepemimpinan Politik Danny Pomanto di Kota Makassar, menganalisis, bahwa Danny merupakan sosok yang ekstrovert. Hal itu bisa dilihat dari gaya kepemimpinan politiknya yang terjun langsug ke lokasi-lokasi yang menjadi fokus dari programnya.

Latar belakang pendidikan Danny yang merupakan lulusan Teknik Unhas memiliki peran dalam proses pembentukan kepribadian dan intuisinya yang kuat. Sebab, Danny terlihat sebagai pemimpin yang punya ide-ide, inovasi serta standar yang tinggi dalam proses pembangunan Kota Makassar.

Kontroversi dan rekaman suara Danny

Baru-baru ini Danny sempat berselisih dengan mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla terkait tuduhan pencemaran nama baik. Danny menuding Jusuf Kalla adalah orang di balik penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. 

Saat dikonfirmasi, Danny tak mengelak. Rekaman itu ia ambil saat berdiskusi ringan bersama Laskar Merah Putih (LMP) pada 27 November 2020. 

Namun kata Danny, rekaman tersebut telah diedit dan disebarluaskan secara masif di media sosial untuk menjatuhkannya, menjelang pilkada. 

"Ini disinyalir sebagai pemufakatan jahat untuk memfitnah dan menyudutkan saya dengan harapan Danny-Fatma kalah dalam Pilwali Kota Makassar 2020. Ini ternyata sudah lama direncanakan,” kata Danny dikutip Kompas.

 

============

Profil Danny Pomanto

Nama Lengkap

Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto

Nama Panggilan

Danny Pomanto

Tempat dan Tanggal Lahir

Makassar, 30 Januari 1964

Agama

Islam

Profesi

Politisi dan arsitek

Gelar

Sarjana

Pasangan

Indira Yusuf Ismail

Anak

Aura Aulia Imandara

Amirra Aulia Noorrimani

Arrayya Aulia Izzanaira

__________

 

Pendidikan Formal

1975: SD Lanto Dg. Pasewang, Makassar 

1978: SMP Negeri 5 Makassar, 

1981: SMA Negeri 1 Makassar, 

1989: Fakultas Teknik, Jurusan Arsitektur, Universitas Hasanuddin, Makassar 

__________

 

Organisasi dan Kepemimpinan

 

2005: Anggota Bidang Perkotaan: Pengurus Perhimpunan Pecinta Bandar Lama Pusaka Nusantara Bangsa 2005 – 2010 Cabang Makassar.

2005: Anggota Bidang Teknis/Konstruksi: Susunan Tim Koordinasi Revitalisasi Pantai Losari Makassar.

Ketua IV Pengurus Provinsi Kushin Ryu Karate-Do Indonesia (KKI) Koordinator Bidang Pengkajian & Diklat.

2006: Pengurus Badan Pengembangan dan Promosi Pariwisata (BP3M) Kota Makassar, Periode 2006-2009.

2006: Anggota ; Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Kota Makassar

2007: Sekretaris ; Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Organisasi Kemasyarakatan Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong Provinsi Sulawesi Selatan (DPD ORMAS MKGR)