Penetapan Salahuddin Bin Talabudin sebagai Pahlawan Nasional Jadi Kado Indah Buat Halmahera Tengah
Putra daerah Halmahera Tengah, Salahuddin Bin Talabudin, dianugerahi gelar pahlawan nasional. (Foto via Antara/Abdul Fatah)

Bagikan:

TERNATE - Pemerintah telah menetapkan lima tokoh akan mendapatkan penganugerahan gelar sebagai pahlawan nasional. Satu di antaranya adalah putra daerah Halmahera Tengah, Maluku Utara, Salahuddin Bin Talabudin.

Penetapan Salahuddin Bin Talabudin sebagai pahlawan nasional telah membuat masyarakat Halmahera Tengah bangga. Bahkan, ini disebut sebagai kado terindah bagi Kabupaten Halmahera Tengah yang baru saja merayakan hari ulang tahun kabupaten ke-32.

"Tentunya, penetapan Salahuddin Bin Talabudin bersama empat tokoh lainnya sebagai pahlawan merupakan kado istimewa bagi masyarakat Kabupaten Halteng," kata Bupati Halteng, Edi Langkara, seperti dinukil dari Antara, Sabtu, 5 November 2022.

Dia juga meminta masyarakat untuk menyambut baik penetapan putra Fogoguru yang dikenal memiliki semangat juang untuk penjajahan Belanda.

Seperti diketahu, Salahuddin Bin Talabudin lahir pada 1874 di Desa Gamia Patani Kabupaten Halteng. Dia kemudian wafat pada tahun 1948 di Skep Ternate.

Dia merupakan tokoh pergerakan yang harus merasakan penjara selama lima tahun di Sawahlunto Sumatera pada tahun 1918 hingga 1923. Dia juga pernah ditahan di Nusakambangan pada 1941 hingga 1942 serta Bovel Digoel 1943.

Sebelumnya, Menkopolhukam Mahfud MD melalui twitter menyatakan, Presiden RI Joko Widodo telah menetapkan penganugerahan pahlawan nasional H Salahuddin Bin Talabuddin.

Ada lima nama pahlawan nasional diantaranya,Dr. Dr. HR Soeharto (Jateng), KGPAA Paku Alam VIII (DIY), dr. R. Rubini Natawisastra (Kalbar), H. Salahuddin bin Talabuddin (Maluku Utara), dan KH Ahmad Sanusi (Jawa Barat).