Danny Pomanto Unggul di TPS Appi Mencoblos, IMUN Nol Suara
Calon wali kota Makassar Munafri Arifuddin mencoblos (Thamzil/VOI)

Bagikan:

MAKASSAR - Perolehan suara pasangan calon nomor urut 1 pasangan M Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi (ADAMA) unggul di TPS 003 Kelurahan Sawerigading Jalan Bontolempangan Ujung Pandang. 

TPS 003 ini menjadi tempat calon wali kota nomor 2 Munafri Arifuddin (Appi) dan Aksa Mahmud memilih. ADAMA memperoleh 67 suara. Sedangkan paslon nomor urut 3 t 3 Syamsu Rizal-Fadly Ananda (DILAN) memperoleh 23.

Sementara, Appi-Rahman, meraup suara 23. Sedangkan pasangan calon Pilkada Makassar nomor urut 4, Irman Yasin Limpo- Andi Zunnun Nurdin Halid (IMUN) tak mendapat suara.

Total suara dari DPT yang terdaftar keseluruhan 302. Namun total suara yang terhitung sebanyak 117 dan 1 suara tidak sah.

"Jumlah suara sisanya 117, tidak sah 1, karena dia mungkin dia coblos 1 kali, dan banyak yang tidak dengan alasan pandemi" kata ketua KPPS 003 Hesty kepada wartawan.

Sebelumnya Appi berharap Pilkada Makassar berlangsung jujur dan adil (jurdil). Appi menyebut hasil Pilkada Makassar merupakan pilihan masyarakat.

"Kita berharap seluruh tahapan yang kita lakukan adalah menjadi tahapan yang benar-benar, jujur, adil dan bisa dipertanggungjawabkan sehingga tidak ada lagi kisruh-kisruh pemilihan wali kota yang terjadi di Kota Makassar," ujar dia.

Pemilu yang jurdil menurut cawalkot yang berpasangan dengan Abdul Rahman Bando ini akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas. 

"Sehingga kita sangat berharap seluruh warga Kota Makassar, nikmatilah ini adalah pesta kita bersama untuk menentukan siapa yang akan membawa Makassar 5 tahun ke depan," sambungnya. 

Untuk Pilkada Makassar, Appi-Rahman sudah menyiapkan saksi di tempat pemungutan suara (TPS). Appi yakin keberadaan saksi akan meminimalisir potensi kecurangan.

"Insyaallah ini akan sangat efektif dalam mengawal suara kami dan ini juga akan merupakan salah satu cara meminimalisir kecurangan yang kemungkinan akan terjadi," ujarnya.