Imbas Demo PA 212, Ruas Jalan Sekitar Istana Negara Macet Total
Suasana macet di sekitar Jalan Medan Merdeka Barat/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Imbas aksi unjukrasa yang digelar Persaudaraan Alumni (PA) 212 di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat, berdampak pada penutupan ruas jalan di sekitar Istana Negara pada Jumat, 4 November.

Dari pantauan VOI, kemacetan muncul mulai dari Jalan Menteng Raya arah Tugu Tani, Jalan Ridwan Rais hingga ke arah Masjid Istiqlal.

Kemacetan di ruas jalan tersebut akibat adanya penutupan ruas Jalan Medan Merdeka Selatan arah Patung Kuda dan Jalan Medan Merdeka Timur arah Istana Negara.

Tidak ada satupun petugas Kepolisian yang melakukan pengaturan lalu lintas imbas dari penutupan jalan. Petugas polisi lalu lintas hanya terlihat di lokasi penutupan ruas jalan di dekat Masjid Istiqlal.

Sementara kemacetan kendaraan roda dua dan empat terus mengular panjang di ruas jalan sekitar Istana Negara.

Amir (28) seorang ojek online mengerutkan dahi ketika terjebak macet di ruas Jalan Ridwan Rais, Gambir. Dirinya menyesal melalui lajur jalan tersebut ketika hendak menuju kawasan ITC Roxy Mas.

"Macetnya parah pak. Ini sudah hampir 30 menit terjebak disini," sesal pria yang hendak mengantarkan barang pesanan itu di lokasi.

Sementara Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Purwanta mengatakan, terkait pengaturan lalu lintas petugas yang dikerahkan gabungan dari Polda Metro Jaya.

"Polda Metro Jaya untuk pengerahan personel gabungan. Jumlahnya saya kurang tahu," ujarnya saat dikonfirmasi VOI, Jumat, 4 November.

Sebelumnya diberitakan,Satuan Lalu Lintas (Satlantas)Polres Metro Jakarta Timur telah menutup tiga ruas jalur Jalan Medan Merdeka Barat arah timur, Jalan Medan Merdeka arah selatan dan Jalan Medan Merdeka Timur, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat pada Jumat, 4 November, siang.