Lanjutkan LRT Velodrome-Manggarai Tahun 2023, DKI Pastikan Rute Kelapa Gading-JIS Tetap Ada
Kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) rute Velodrome-Kelapa Gading memasuki Stasiun Velodrome Jakarta, Senin (25/2/2019). ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta memastikan rencana pembangunan LRT Jakarta dengan rute Kelapa Gading-Jakarta International Stadium (JIS) akan tetap dilakukan meski kini terjadi perubahan prioritas pengerjaan trase.

Sebelumnya, kelanjutan pembangunan LRT Jakarta fase 2A direncanakan pada trase Kelapa Gading-JIS. Namun, hasil rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, diputuskan kelanjutan pembangunan LRT dilakukan pada trase Velodrome-Manggarai.

"Rute Kelapa Gading-JIS tetap ada karena itu menjadi satu kesatuan jaringan dari rencana induk perkeretaapian perkotaan Jakarta," kata Syafrin kepada wartawan, Kamis, 3 November malam.

Sementara terkait identifikasi trase yang berpotensi berubah akibat penyesuaian prioritas pengerjaan, Syafrin menyebut hal itu akan dibahas kemudian.

"Untuk identifikasinya, indikasi fasenya, nanti akan kami sampaikan lebih lanjut. Otomatis pentahapannya nanti akan menyesuaikan sesuai dengan pembangunan," ujar Syafrin.

Dalam rapat Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta yang membahas rancangan KUA-PPAS APBD tahun anggaran 2023 semalam, diputuskan pengajuan anggaran penyertaan modal daerah (PMD) kepada BUMD PT Jakpro sebesar Rp442 miliar untuk pengerjaan LRT dengan rute Velodrome-Manggarai tahun 2023.

Syafrin berujar, anggaran tersebut belum diperuntukkan pada proses konstruksi. "Untuk yang Rp442 miliar itu pekerjaan pendahuluan. Ada pekerjaan pembersihan dan sebagainya. Tapi, secara kebutuhan tidak segitu," urainya.

Syafrin belum bisa memastikan secara detail mengenai waktu proyek LRT rute Velodrome-Manggarai dimulai pada tahun depan. Kini, Pemprov DKI masih mempersiapkan sejumlah hal.

"Kami akan segera mengajukan permohonan persetujuan trase ke Pak Menhub untuk trase Velodrome-Manggarai. Setelah ada persetujuan, kemudian ada penetapan trase, juga ada penetapan penlok, dan setelah itu kami akan siapkan pekerjaan untuk tahun depan," imbuhnya.