Emil Dardak Kenang Pesan Gus Sholah: Bukan Soal Menang Tapi Jabat Wagub dengan Baik
Wagub Jatim Emil Dardak. (Instagram emildardak)

Bagikan:

JATIM - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak mengenang pesan almarhum K.H. Sholahudin Wahid alias Gos Sholah.

Pesan itu pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang itu, disampaikan kepada dirinya sekaligus Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

"Beliau sangat spesifik dan perhatian terhadap kami, dan beliau juga selalu mengingatkan bahwa bukan hanya soal menang tapi juga menjabat [wagub] dengan baik," kata Emil dalam keterangan tertulis, dikutip dari Antara, Senin 31 Oktober.

Dalam kesempatan sama, Emil mengaku legacy atau warisan Gus Sholah akan terus dilanjutkannya.

"Kami hadir mewakili Ibu Gubernur dan kami di Jatim bangga memiliki sosok seperti almarhum (Gus Sholah) dan legacy beliau insha Allah akan terus kita lanjutkan dalam perjalanan kami di Jawa Timur dan siapapun yang nanti akan meneruskan," ujarnya.

Ia juga menuturkan rasa kehilangan yang mendalam, sebab Gus Sholah merupakan orang tua bagi Gubernur Khofifah dan dirinya yang terus mengawal baik sebelum maupun sampai saat memimpin Jawa Timur.

"Setelah kami dipilih dan sebelum kami dilantik, Bu Khofifah mengatakan bahwa nanti kami bertugas pasti sibuk sendiri-sendiri, tapi kita harus punya orang tua yang sama. Itu yang disebut di antaranya ya Gus Sholah ini," ujar Emil.

Ia menambahkan, meski merasa kehilangan, namun tetap tersambung dalam doa.

"Tentu bukan hanya kehilangan namun amat sangat kehilangan. 1.000 hari sudah berlalu, tidak terasa. Rasanya masih kemarin keluar Tol Jombang ke Tebuireng dan berdiskusi berbagai macam dengan almarhum, kami sangat kangen, tapi hari ini inshallah kita tersambung dengan doa," kata dia.

Emil hadir dalam acara 1.000 hari wafatnya K.H. Salahudin Wahid di Halaman Rumah Sakit Hasyim Asy'ari Tebuireng, Kabupaten Jombang. Hadir juga dalam acara itu Menko Polhukam Mahfud MD.

Turut hadir dalam agenda tersebut, seluruh keluarga besar Gus Sholah khususnya Nyai Hj. Faridah Salahudin Wahid, Pengasuh PP. Tebuireng Jombang K.H. Abdul Hakim Mahfudz, Putri Kedua Gus Dur Hj Yenny Wahid, Wakil Bupati Jombang Sumrambah, dan tamu undangan lainnya.