Adik Gus Dur, KH Salahuddin Wahid Tutup Usia
Foto kenangan Irfan Wahid dengan almarhum ayahnya Gus Sholah (Twitter @ipangwahid)

Bagikan:

JAKARTA - 'Innalilahi wa inna ilaihi rajiun', KH Salahuddin Wahid atau akrab disapa Gus Sholah meninggal dunia, pada Minggu, 2 Februari. Adik dari Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid wafat pada usia 77 tahun.

Kabar meninggalnya Gus Sholah disampaikan oleh putranya Irfan Wahid, melalui akun twitternya @ipangwahid. Pria yang akrab disapa Ipang itu pun meminta semua masyarakat mendoakan Gus Sholah.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Faishal Zaini mengenang Gus Sholah sebagai sosok yang ‘getol’ memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan.

"Beliau adalah sosok yang memiliki kegigihan dalam memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan dan juga menjadi perekat nilai-nilai kebangsaan," ungkap Helmy dalam keterangan pers yang diterima VOI.

Menurutnya, pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng itu senantiasa menjadi bersemangat menjaga nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara yang bhineka.

Ucapan bela sungkawa atas kepergian Gus Sholah juga disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lewat akun instagram resminya, Jokowi mengenang Gus Sholah sebagai tokoh besar.

Jokowi berdoa agar amal, ibadah, dan pengabdian Gus Sholah mendapat ganjarah berlimpah dari Allah SWT. Dia juga berdoa agar keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran.

"Atas nama keluarga, pemerintah, dan seluruh rakyat, saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas kepulangan beliau," kata Jokowi.

Rencananya, jenazah Gus Sholah akan dimakamkan di di Kompleks Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, pada Senin, 3 Februari. Menurut putra almarhum, Irfan Wahid, jenazah akan diterbangkan ke Jombang, Jawa Timur pada Senin sekitar pukul 09.00 WIB.

Diketahui sebelumnya, kesehatan Gus Sholah telah menurun sejak dua minggu lalu. Saat itu, Gus Sholah mengalami gangguan di organ jantung.

Gus Sholah wafat usai kritis setelah operasi jantung di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta. Adik Gus Dur itu pun tutup usia pada pukul 20.55 WIB.