Johanis Tanak Bakal Dilantik Jadi Wakil Ketua, KPK: Formasi Lengkap, Pemberantasan Korupsi Makin Kuat
Calon pimpinan KPK Johanis Tanak menjalani uji kepatutan dan kelayakan di ruang Komisi III DPR, Jakarta, Kamis 12 September 2019. (ANTARA-Nova W)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambut kehadiran Johanis Tanak menggantikan Lili Pintauli Siregar sebagai wakil ketua. Diharapkan kerja pemberantasan korupsi makin kuat.

"Kami tentu menyambut baik dengan bergabungnya Pak Johanis Tanak menjadi bagian dari KPK," kata Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati kepada wartawan, Jumat, 28 Oktober.

Ipi bilang formasi pimpinan komisi antirasuah kini menjadi lengkap. KPK akan tancap gas untuk melakukan pemberantasan korupsi.

Tak hanya itu, kehadiran Johanis Tanak diyakini akan membuat komisi antirasuah makin bertaring. "Dengan kehadiran pak Johanis Tanak, formasi Pimpinan KPK kembali lengkap dan akan semakin memperkuat kerja-kerja KPK dalam pemberantasan korupsi," ujar Ipi.

Johanis Tanak terpilih sebagai Wakil Ketua KPK menggantikan Lili melalui Rapat Paripurna DPR RI. Dia memperoleh 38 suara dari Komisi III DPR RI.

Sebagai informasi, Lili mundur dari jabatannya setelah diduga melanggar etik. Dia disebut menerima akomodasi dan tiket MotoGP Mandalika dari PT Pertamina (Persero).

Hanya saja, dugaan itu belum terbukti karena Lili keburu mengundurkan diri dan disetujui oleh Presiden Jokowi. Sidang etik yang digelar Dewan Pengawas KPK saat itu dihentikan karena Lili bukan lagi menjadi pegawai komisi antirasuah.