Warga Balikpapan Wajib Tahu, Penipuan Rekrutmen Karyawan Pegadaian Lagi Marak, Ini Modusnya!
Suasana outlet Pegadaian. Masyarakat diminta berhati-hati dengan undangan perekrutan yang meminta pembayaran terlebih dahulu/ANTARA

Bagikan:

BALIKPAPAN - Humas PT Pegadaian Wilayah IV Balikpapan mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap upaya penipuan yang mengatasnamakan direksi. Akhir-akhir ini, modus penipuan itu kerap beredar di tengah masyarakat.

"Saat ini beredar upaya penipuan rekrutmen karyawan yang mengatasnamakan Direktur Utama Damar Latri Setiawan," kata Fauzan di Balikpapan, dikutip dari Antara, Kamis, 27 Oktober. 

Adapun modusnya adalah dengan mengirimkan undangan penerimaan calon karyawan baru untuk mengikuti tahapan seleksi di Jakarta. Selanjutnya mereka diminta mentransfer sejumlah uang untuk biaya transportasi dan penginapan.

"Informasi ini jelas palsu mengingat dalam setiap rekrutmen karyawan, para pelamar tidak dipungut biaya apapun,” kata dia. 

Lebih lanjut ia juga menuturkan bahwa saat ini juga beredar nomor Telegram dan WhatsApp palsu, di mana melalui nomor itu ada yang mengaku sebagai Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk, Elvi R Hidayah. Melalui nomor ini pelaku menawarkan barang-barang yang diklaim sebagai lelang dari Pegadaian.

“Perlu saya sampaikan bahwa sejalan dengan penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik seluruh Insan Pegadaian dilarang melakukan bisnis pribadi yang berkaitan dengan bisnis perusahaan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya konflik kepentingan bagi para pihak.

Proses lelang dilakukan melalui proses resmi yang dilakukan di outlet-outlet Pegadaian, bazar atau pameran yang digelar Pegadaian.

”Dalam hal ini direktur utama tidak menangani proses rekrutmen karyawan, begitu pula Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk tidak melakukan transaksi langsung dalam proses lelang barang jaminan.

Oleh karena itu masyarakat diminta untuk hati-hati apabila mendapatkan informasi senada.

Ia mengharapkan agar masyarakat hati-hati dan waspada, serta melakukan konfirmasi melalui outlet Pegadaian terdekat, pusat panggilan 1500569 atau WhatsApp resmi 08111500569 bila ada hal-hal yang mencurigakan tersebut.