Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI Resmi Dibuka di Jayapura, Bupati Sebut 2.500 Anggota Bakal Datang
Ritual Isolo saat Pembukaan Festival Danau Sentani ke-9 di Kampung Wisata Khalkhote, Sentani Timur, Papua, 20 Juni 2016. (ANTARA-Rosa Panggabean)

Bagikan:

PAPUA - Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI Tahun 2022 resmi dibuka hari ini, Senin 24 Oktober. Pembukaan diiringi tarian kolosal dari 250 siswa di Provinsi Papua.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, pembukaan KMAN VI bersamaan dengan digelarnya Festival Danau Sentani. Festival itu bertepatan dengan ulang tahun masyarakat adat di Jayapura.

"KMAN VI di Kabupaten Jayapura melibatkan seluruh masyarakat adat nusantara, dari Sabang sampai Merauke," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip dari Antara, Senin 24 Oktober.

Pembukaan KMAN VI yang berlangsung di Stadion Barnabas Youwe Sentani, Kabupaten Jayapura, berlangsung meriah.

Ratusan anak yang membawakan tarian kolosal memperlihatkan aktivitas sehari-hari masyarakat Papua. Para siswa ada yang seperti memangkur sagu, mencari ikan, berkebun, mendayung perahu, hingga merajut noken.

Menurut Mathius, sekitar 2.500 anggota masyarakat adat dari berbagai daerah di Indonesia menghadiri KMAN VI. Dia pun mengajak masyarakat menjaga keamanan dan kenyamanan selama KMAN VI yang digelar dari 24-30 Oktober 2022 itu.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan selama KMAN berlangsung," tandas Mathius.