Batal Ikuti Pemilihan PM Inggris, Boris Johnson: Saya Mendukung Siapa pun yang Terpilih
Boris Johnson di depan kantor sekaligus kediaman resmi PM Inggris di Downing Street 10, London. (Wikimedia Commons/10 Downing Street)

Bagikan:

JAKARTA - Boris Johnson pada Minggu malam mengatakan dia telah menarik diri dari perlombaan untuk menjadi Perdana Menteri Inggris berikutnya, mengatakan dia menyadari negara dan Partai Konservatif membutuhkan persatuan.

Berikut pernyataan Boris Johnson:

"Dalam beberapa hari terakhir saya kewalahan dengan banyaknya orang yang menyarankan agar saya sekali lagi bertarung dalam kepemimpinan Partai Konservatif, baik di kalangan masyarakat maupun di antara teman dan kolega di parlemen," buka Johnson, melansir Reuters 24 Oktober.

"Saya tertarik karena saya memimpin partai kami menuju kemenangan pemilu besar-besaran kurang dari tiga tahun lalu, dan saya percaya karena itu saya ditempatkan secara unik untuk mencegah pemilihan umum sekarang."

"Pemilihan umum akan menjadi gangguan bencana lebih lanjut ketika pemerintah harus fokus pada tekanan ekonomi yang dihadapi keluarga di seluruh negeri," tandasnya.

"Saya yakin saya ditempatkan dengan baik untuk memberikan kemenangan Konservatif pada tahun 2024 - dan malam ini saya dapat mengonfirmasi bahwa saya telah melewati rintangan yang sangat tinggi dari 102 nominasi, termasuk pengusul dan pencalonan, dan saya dapat memasukkan nominasi saya besok. Ada kesempatan yang sangat baik bahwa saya akan berhasil dalam pemilihan dengan anggota Partai Konservatif, dan bahwa saya memang bisa kembali di Downing Street pada Hari Jumat," papar Johnson.

"Tetapi dalam beberapa hari terakhir saya dengan sedih sampai pada kesimpulan bahwa ini bukan hal yang benar untuk dilakukan. Anda tidak dapat memerintah secara efektif kecuali Anda memiliki partai yang bersatu di parlemen."

"Dan meskipun saya telah menghubungi Rishi (Sunak) dan Penny (Mordaunt) - karena saya berharap kita bisa bersatu demi kepentingan nasional - sayangnya kita tidak dapat menemukan cara untuk melakukan ini," tukasnya.

"Oleh karena itu saya khawatir hal terbaiknya adalah saya tidak mengizinkan pencalonan saya untuk maju, dan memberikan dukungan saya kepada siapa pun yang terpilih.

"Saya yakin saya memiliki banyak hal untuk ditawarkan, tetapi saya khawatir ini bukan waktu yang tepat," pungkas Johnson.

Diketahui, Johnson membutuhkan dukungan 100 orang pada Hari Senin untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, yang akan membuatnya berhadapan langsung dengan Sunak dalam pemungutan suara oleh 170.000 anggota Partai Konservatif.

Sementara, Sunak yang pengunduran dirinya sebagai menteri keuangan pada Juli membantu mempercepat kejatuhan Johnson, telah mencapai ambang batas 100 anggota parlemen yang diperlukan untuk maju ke tahap berikutnya, mengamankan 142 pendukung yang dinyatakan pada Hari Minggu, menurut Sky News.

Dia akan ditunjuk sebagai pemimpin Partai Konservatif dan menjadi perdana menteri pada Senin, kecuali kandidat Penny Mordaunt, mantan menteri pertahanan, mencapai ambang batas 100 pendukung untuk memaksa pemilihan putaran kedua oleh anggota partai. Dia memiliki 24 pendukung yang dinyatakan pada Hari Minggu.