Warga Kompak Selamatkan Paus yang Terdampar di Kecamatan Pulau Laut Natuna
Tangkap layar video warga saat mengevakuasi paus terdampar di Desa Air Payang Kecamatan Pulau Laut Kabupaten Natuna, Kepri, Rabu (19/10). (ANTARA)

Bagikan:

NATUNA - Warga menyelamatkan seekor paus saat terdampar di  Desa Air Payang, Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau hari ini. 

"Iya tadi pagi tiba tiba ikan paus ada di belakang rumah, dekat rumah saya terdampar di situ," kata Jumi warga setempat dikutip dari Antara, Rabu, 19 Oktober. 

Setelah warga memastikan paus masih dalam kondisi hidup, lalu dilakukan upaya penyelamatan dengan menggiring ke laut yang lebih dalam. "Tadi sudah diselamatkan, dibalikkan lagi ke laut, masih hidup," kata Jumi.

Sementara, Sekretaris Camat setempat membenarkan telah ditemukan seekor paus terdampar dalam kondisi luka dan telah dilakukan penyelamatan oleh warga setempat.

"Warga bersama Basarnas tadi sudah membantu, ada luka gores sedikit di tubuh paus, tapi selamat," kata Sekcam Pulau Laut, Hendri.

Ia juga mengatakan bahwa warga setempat tidak mengenal secara pasti jenis paus yang mereka selamatkan. "Warnanya hitam, panjang kurang lebih 4 sampai 5 meter gitu lah," kata Hendri.

Ia juga menyampaikan bahwa penduduk yang berada di pulau tersebut tidak menjadikan paus sebagai hewan target buruan.

"Warga peduli, tau hewan dilindungi, tadi sudah dilepaskan, nanti saya tunjukkan videonya," ujarnya.