Belasan Orang Ikut Diamankan dalam OTT Bupati Banggai Laut
Ilustrasi (Foto: Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan Bupati Banggai Laut, Wenny Bukamo dalam operasi tangkap tangan (OTT).

Dalam operasi senyap  di Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Luwuk, Sulawesi Tengah, KPK juga ikut mengamankan 15 orang lainnya. Diantaranya pejabat Pemkab Banggai Laut dan sejumlah pihak swasta. 

"Pihak yang diamankan sejauh ini ada 16 orang, diantaranya adalah Bupati Banggai laut, pejabat dilingkungan pemkab banggai laut dan beberapa pihak swasta," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat, 4 Desember.

Wenny Bukamo dan 15 orang lainnya dibekuk tim Satgas KPK lantaran diduga terlibat transaksi suap. Ali menyebut, Wenny Bukamo diduga menerima suap dari pihak kontraktor. 

"Dugaan korupsi dalam kasus ini terkait dengan pemberian sejumlah uang dari pihak swasta atau kontraktor pelaksanan pekerjaan kepada penyelenggara negara dalam hal ini diduga diterima oleh bupati banggai laut," kata Ali.

Saat ini, tim Satgas KPK masih memeriksa intensif para pihak yang diringkus. Lembaga antikorupsi memiliki waktu 1x24 jam setelah OTT untuk menentukan status hukum para pihak tersebut.