Wali Kota Makassar Sebar Puluhan Damtor Atasi Kebakaran di Lorong
Tim relawan Damkar mengikuti pelatihan operasional unit Pemadam Kebakaran Motor (Damtor) ANTARA/HO/Dokumentasi Humas Pemkot Makassar.

Bagikan:

MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menyerahkan sebanyak 53 unit kendaraan Pemadam Kebakaran Motor (Damtor) di 15 Kecamatan sebagai langkah penanggulangan sejak dini mengatasi musibah kebakaran secara cepat di lorong-lorong sempit.

"Damtor ini dihadirkan sebagai alternatif pertolongan pertama dalam mengantisipasi ruang-ruang sempit di lorong jika terjadi kebakaran," ujar Ramdhan saat penyerahan Damtor di Markas Komando Pemadam Kebakaran, Makassar, Sulawesi Selatan dilansir ANTARA, Kamis, 13 Oktober.

Dia menjelaskan, Damtor ini disebut sebagai bagian dari sistem penanggulangan kebakaran. Mulai dari Pemadam Kebakaran Lorong (Peka Rong) bertindak sebagai stasiun kemudian Damtor dan tim Pemadam Kebakaran nantinya bergerak di lapangan.

Dalam ilmu memadamkan api, menurutnya ada waktu emas yakni empat menit awal yang menjadi penentuan kebakaran itu bisa menjadi besar atau tidak, atau memakan banyak korban atau tidak.

Untuk itu Damtor dihadirkan dengan sistemnya sendiri jika terjadi kebakaran, Damtor ini dengan sigap melaju lebih dahulu untuk memadamkan api sambil menunggu personil tim Damkar tiba di lokasi kebakaran.

Danny pun berencana menyiapkan selimut api dan melengkapi Peka Rong dengan tangki serta pompa air di seluruh Lorong Wisata agar memudahkan penanganan apabila terjadi peristiwa kebakaran agar tidak meluas.

"Sistem yang kami rancang ini hasil dari analisis teman-teman Damkar. Kita sebar Damtor di setiap kelurahan dan setiap Lorong Wisata ada Peka Lorongnya dengan kelengkapan Selimut api. Jadi api di ruang sempit akan diantisipasi lewat Peka Lorong dan langsung dibantu oleh Damtor," papar Danny menekankan.

Untuk pengoperasian unit Damtor tersebut, Danny melibatkan relawan Damkar yang berasal dari Batalyon 120 yang sudah terbina agar mereka bisa berdaya guna memaksimalkan energinya dalam menjaga kota ini.

“Sementara dilatih mereka, tugasnya membantu Peka Rong yang ada di Damtor memadamkan api awal dan membantu petugas Damkar jika sudah datang," katanya menambahkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebakaran Kota Makassar, Hasanuddin menyebutkan total Damtor yang akan disalurkan ke titik rawan sebanyak 153 unit sesuai dengan jumlah kelurahan yang ada di Kota Makassar. Satu unit Damtor berisi satu kubik atau 1.000 liter air dengan jangkauan radius lebih dari 200 meter

"Tahun ini Damtor disalurkan dulu sebanyak 53 unit dan tahun 2023 segera ditambah 100 unit. Insya Allah tahun depan sudah tersalurkan semua 153 unit. Pengoperasiannya akan dilakukan anggota Batalyon 120 yang mendaftar menjadi relawan Damkar sebanyak 306 orang, itu kami latih," ucapnya.