Keren Bus Wisata Metro Makassar, ‘Daur Ulang’ Mobil Sampah Tangkasaki
Bus wisata metro Makassar (Humas Pemkot Makassar/VOI)

Bagikan:

MAKASSAR - Warga Makassar dan Anda yang ingin berwisata keliling kota Anging Mamiri, kini bisa menikmati layanan bus wisata. Bus wisata kota yang diluncurkan Pemkot Makassar ini hasil ‘daur ulang’ mobil boks sampah Tangkasaki.

Bus wisata kota ini diluncurkan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah didampingi Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin. Untuk tahap awal, Pemkot Makassar menyediakan 3 bus Metro Makassar. 

Rencananya akan ada penambahan 10 bus wisata yang ‘didaur ulang’ dari mobil sampah Tangkasaki (Truk Angkutan Sampah Kita) era kepemimpinan Danny Pomanto di Makassar. 

"Ini sementara, seandainya kita sudah masuk ada di APBD sudah selesai," kata Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, kepada wartawan, Kamis, 3 Desember.

Bus wisata akan melayani rute pada 3 koridor. Koridor 1 yakni Datu Museng- Sultan Hasanuddin - Slamet Riyadi - Riburane - Ujung Pandang- Pattimura -Somba Opu- Datu Museng.

Koridor 2  mengambil rute Penghibur- Pasar Ikan- Ujung Pandang-Nusantara - Riburane- Ahmad Yani-Sudirman- Kartini-Botolempangan-Amanagappa-Sudirman-Haji Bau- Penghibur. 

Sedangkan koridor 3 dengan rute Penghibur - Pasar Ikan- Ujung Pandang-Riburane-Ahmad Yani-Balai Kota-Thamrin - Botolempangan-Arief Rate-Sultan Hasanuddin- Lamadukelleng-Haji Bau-Metro Tanjung Bunga -Zona Lego- lego-Penghibur.

"Jadi ini gratis yah untuk warga Makassar dan wisatawan yang ke Makassar. Insyaallah kehadiran bus ini teman-teman yang mobilitas di wilayah kawasan ini nggak perlu lagi bawa mobil. Jam operasionalnya kita usahakan dari pagi sampai malam dengan driver dan pengawas di bus menggunakan sistem shift, sampai jam 10 malam," ujar Rudy.