Relawan Appi-Rahman Bikin Video: TPA Sampah Tak Seindah Seribu Janji Mantan Walikota, Apa Gunanya Satu Buktimu?
Pasangan calon nomor urut 2 di Pilkada Makassar Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman)

Bagikan:

MAKASSAR - Relawan pasangan calon Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman) membuat video mengenai kondisi tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Makassar, Sulawesi Selatan. Di akhir video terselip sindiran soal janji mantan wali kota Makassar.

Video ini dibuat tim relawan anak muda Appi-Rahman yang kemudian diunggah dalam akun Instagram Appi. Dalam video dikisahkan kondisi tempat pembuangan akhir dan kehidupan warga yang bekerja memulung di TPA sampah. 

Ada seorang perempuan berumur 27 tahun yang memberikan testimoni soal TPA sampah.

“Kalau musim hujan kacau-kacaunya tempat pembuangan,” kata dia. 

Dia juga menceritakan kondisi rumahnya yang bocor bila kehujanan. Kondisi ini sangat menganggu apalagi dia memiliki anak kecil. Selain itu dia berharap Pemkot Makassar mengganti mobil pengangkut sampah.

“Itu ji keluhannya  mobil Tangkasa (mobil pengangkut sampah Tangkasaki, red) kalau bisa diganti karena tersiksa sekali kodong pekerja Tangkasa, maunya diganti mobilnya jadi mobil tongkang,” kata perempuan dalam video.

Usai testimoni, pembuat video memberikan narasi soal kota sebagai peraih Adipura ASEAN menjadikan TPA modern tak hanya menjadi kunci kesehatan kota tapi menjadi rumah untuk mereka yang tinggal di dalamnya. 

“Semua ini dijadikan bukti yang tak seindah seribu janji mantan wali kotaku. Lantas apa gunanya satu buktimu?” kata penarasi. 

Janji Appi-Rahman

Pasangan  calon nomor urut 2 Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman) menegaskan janji menciptakan ketenangan, kenyamanan serta kepastian jenjang karir birokrat Makassar. 

“Insyaallah tidak ada lagi SK pelantikan yang dibatalkan oleh instansi yang berwenang karena tidak prosedural dan dilakukan semena-mena sehingga terjadi seperti apa yang saya alami dikembalikan jabatan bersama dengan 1.228 pejabat lain. Kami akan menjadi pelayan yang setulus hati, humanis dan tidak berbelit-belit untuk melayani masyarakat Makassar,” ujar calon wakil wali kota Makassar Abdul Rahman Bando dalam debat Pilkada Makassar. 

Sedangkan calon wali kota Appi menyebut janji akan menjadi pohon teduh yang menaungi seluruh kepentingan warga Kota Makassar tanpa terkecuali.

“Menjadikan Makassar kembali bangkit menjadi daerah yang diperhitungkan di Indonesia bahkan di dunia. Siri’na Makassar, siri’na Appi-Rahman, Tena Kupakasiri ki,” tegas Appi.