Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik: Bisa Jadi Solusi Dunia yang Ramah Lingkungan
Cara mendaur ulang sampah plastik (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kalau di amati, ada banyak plastik di sekitar kita. Dari botol soda, tas belanjaan, hingga kartu identitas Anda, kami melihat dan menggunakan plastik setiap hari. Banyak dari plastik ini berasal dari bahan seperti petrokimia. Banyaknya plastik di sekitar kita dapat memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada juga cara mendaur ulang sampah plastik.

Plastik dapat menyebabkan sampah dan polusi di lingkungan. Efek ini dapat membahayakan manusia dan lingkungan. Juga, jika Anda tidak mengelola plastik dengan benar, membuat yang baru dapat membuang-buang sumber daya. Dengan demikian masuk akal untuk menggunakan kembali dan memproses ulang plastik untuk mencegah limbah.

Untuk alasan ini, daur ulang plastik merupakan prosedur penting dalam produksi plastik. Apakah Anda bertanya-tanya apa artinya mendaur ulang plastik atau bagaimana daur ulang terjadi?

Sampah Plastik (Unsplash)
Sampah Plastik (Unsplash)

Artikel ini menjawab semua pertanyaan Anda. Kami menunjukkan kepada Anda bagaimana plastik didaur ulang dan mengapa daur ulang baik untuk manusia dan lingkungan.

Daur ulang plastik adalah metode mengumpulkan sampah plastik dan mengubahnya kembali menjadi produk plastik baru dan berguna. Dunia memproduksi dan menggunakan lebih dari satu triliun pon bahan plastik. Daur ulang plastik memastikan bahwa sejumlah besar plastik ini tidak terbuang sia-sia. Sebagai gantinya, Anda dapat memproses ulang bahan untuk mendapatkan produk lain.

Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik

Ada berbagai jenis plastik. Dan ini membuat tidak mungkin untuk mendaur ulang semua plastik dengan cara yang sama. Namun, ada dua metode daur ulang plastik.

Daur Ulang Tradisional

Metode ini adalah metode daur ulang yang paling luas. Kata lain untuk daur ulang tradisional adalah daur ulang mekanis. Metode ini cocok untuk mendaur ulang bahan termoplastik.

Metode daur ulang tradisional melibatkan peleburan plastik dan memprosesnya menjadi produk plastik baru. Setelah pendaur ulang melelehkan plastik, mereka membuatnya menjadi produk baru melalui proses yang disebut injection molding.

Daur Ulang Tingkat Lanjut

Daur ulang lanjutan adalah proses di mana efek bahan kimia memecah bahan plastik. Metode ini terdiri dari tiga teknik lainnya. Teknik-teknik ini termasuk pirolisis, daur ulang kimia, dan gasifikasi.

Pirolisis adalah teknik yang melibatkan daur ulang sampah plastik menjadi minyak mentah. Daur ulang kimia memerlukan pengurangan polimer menjadi monomer yang dapat menciptakan produk baru. Misalnya, produsen menerapkan daur ulang bahan kimia untuk membuat nilon.

Di sisi lain, gasifikasi mengubah plastik menjadi gas. Produsen menggunakan gas yang diperoleh dari proses ini untuk menciptakan energi.

Baik daur ulang tradisional maupun lanjutan memiliki manfaat masing-masing. Namun, menerapkan salah satu dari dua metode tergantung pada fasilitas yang tersedia. Produk akhir yang ingin diproduksi oleh pendaur ulang juga menentukan metode daur ulang.

Namun demikian, semua metode melibatkan langkah-langkah serupa selama daur ulang. Jangan khawatir; kami akan memberi tahu Anda langkah-langkah ini di bagian selanjutnya.

Manfaat Daur Ulang Plastik

Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya mengapa daur ulang adalah pilihan yang bagus. Lagi pula, prosesnya terlihat rumit, dan Anda harus membenarkannya berdasarkan manfaatnya. Nah, faktanya ia hadir dengan berbagai manfaat. Dan manfaat inilah mengapa Anda harus mendorong daur ulang.

Jadi apa manfaat ini? Mari kita cari tahu.

  • Daur ulang plastik mengurangi jumlah sampah yang mengotori lautan.
  • Daur ulang plastik menciptakan lapangan kerja baru.
  • Daur ulang plastik menciptakan pendapatan tambahan bagi pemerintah dan organisasi swasta.
  • Daur ulang plastik mengurangi pelepasan karbon dioksida dan gas berbahaya ke lingkungan.
  • Daur ulang plastik menghemat ruang yang digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Hal ini memungkinkan untuk menggunakan tempat pembuangan sampah tersebut untuk tujuan lain.
  • Daur ulang menghemat minyak bumi yang mungkin digunakan produsen untuk membuat plastik baru.
  • Daur ulang plastik mengurangi energi yang dikonsumsi produsen dalam menciptakan produk baru.
  • Daur ulang plastik mencegah pemanasan global.
  • Daur ulang plastik mengurangi munculnya segala bentuk polusi.
  • Daur ulang plastik memberikan pemasukan bagi para relawan yang mengumpulkan sampah plastik.
  • Daur ulang plastik membantu mengurangi aktivitas seperti penggundulan hutan yang terjadi saat membuat plastik baru.
  • Mendorong Gaya Hidup Berkelanjutan di antara Orang-Orang.

Setelah mengetahui bagai mana cara mendaur ulang sampah plastik, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!