Bagikan:

YOGYAKARTA - Sampah banyak dihasilkan dari aktivitas rumah tangga sehari-hari, seperti sisa makanan, perlengkapan, dan sebagainya. Setiap keluarga dituntut untuk bisa mengelola dan memiliha sampah supaya tidak menimbulkan masalah lingkungan. 

Menjaga kebersihan lingkungan dari pencemaran sampah harus dimulai dari dalam rumah. Mirisnya tidak sedikit rumah tangga yang belum aware pentingnya mengelola sampah dengan baik. Produksi sampah yang berlebihan dan tidak terkelola akan menimbulkan lingkungan kotor, bau tidak sedap, dan sarang penyakit. 

Supaya limbah rumah tangga tidak mengganggu kenyamanan dan kesehatan, setiap keluarga harus mengelola sampah secara mandiri. Bukan hanya asal membuang sampah, namun melakukan pemilihan berdasarkan jenis-jenisnya. Ada beberapa tips memilah sampah rumah tangga yang perlu Anda tahu. 

Tips Memilah Sampah Rumah Tangga

Sebelum mempelajari tips memiliha sampah, Anda perlu tahu ada beberapa kategori sampah. Sampah rumah tangga bisa dibagi kedalam tiga kategori, yaitu organik, anorganik, dan residu. Cara memilah sampah dari rumah dapat dimulai dengan menyediakan tempat sampah berbeda untuk tiap kategorinya. 

Tempat sampah di rumah bisa dibuat dalam tiga jenis yang dibedakan lewat warna, yaitu hijau untuk sampah organik, hitam untuk residu, dan biru untuk anorganik. Dengan adanya tempat sampah seperti ini, kamu bisa lebih mudah membangun kebiasaan membuang sampah sesuai jenisnya. 

Berikut ini beberapa tips memilih sampah rumah tangga yang bisa Anda terapkan agar tidak mencemari lingkungan:

Sampah Dibuang Terpisah Sesuai Jenisnya

Langkah pertama dalam pengelolaan sampah adalah memisahkannya di tempat sampah. Anda bisa membagi jenis sampah menjadi tiga kategori seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu organik, anorganik, dan residu. 

Siapkan dua tempat sampah di rumah dan diberi warna atau label berbeda agar lebih memudahkan membuang sampahnya. Metode ini akan membantu kamu dalam memisahkan sampah rumah tangga yang dihasilkan setiap hari.

Melakukan Zero Waste

Konsep zero waste merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan. Cara ini dapat diwujudkan dengan menggunakan barang-barang yang masih bisa dipakai berulang kali. Misalnya mengganti plastik dengan tas belanja kain, menggunakan kotak bekal sebagai pengganti styrofoam, dan memakai botol minum untuk mengurangi penggunaan air minum dalam kemasan.

Tindakan zero waste bisa dimulai dengan cara sederhana seperti mengurangi penggunaan plastik dengan beralih ke barang-barang yang dapat dipakai berulang kali. Meskipun mungkin sedikit merepotkan, perubahan ini bisa memberikan dampak positif yang signifikan bagi bumi dan lingkungan.

Bersihkan Tempat Sampah Setiap Hari

Menjaga kebersihan tempat sampah di dalam rumah sangat penting. Oleh karena itu, Anda perlu rutin membuang sampah setiap hari dan memastikan tempat sampah selalu bersih untuk menghindari bau tidak sedap di dalam ruangan. Anda juga bisa melapisi tempat sampah dengan plastik ramah lingkungan agar kebersihannya selalu terjaga.

Daur Ulang Sampah

Dalam pengelolaan sampah, ada konsep 3R (reuse, reduce, recycle) yang bisa Anda terapkan. Untuk mengurangi limbah dan menghindari pencemaran lingkungan, Anda bisa mendaur ulang sampah yang ada di rumah. Beberapa sampah rumah tangga yang bisa didaur ulang seperti kertas, botol, kaca, dan kardus yang terdapat logo daur ulang. 

Anda juga bisa mengolah sampah organik menjadi bahan yang bisa digunakan kembali. Daripada membiarkan sampah sisa dapur membusuk dan menimbulkan bau tidak sedap karena bakteri pengurai, lebih baik kamu mendaur ulangnya menjadi pupuk kompos untuk tanaman.

Demikianlah beberapa tips memilah sampah rumah tangga agar tidak mencemari lingkungan. Setiap pemilik rumah atau keluarga harus memiliki kesadaran untuk mengelola sampah secara mandiri. Langkah ini sebagai upaya untuk mengurangi pencemaran dan menjaga kebersihan lingkungan. Baca juga cara mengurangi sampah plastik di rumah

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.