Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta terpilih, Heru Budi Hartono mengunjungi Balai Kota DKI Jakarta untuk bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang masa jabatannya akan berakhir sebentar lagi.

Usai pertemuan itu, Heru ditanya wartawan mengenai permasalahan banjir dan macet di Jakarta. Dua masalah ini menjadi instruksi Presiden Joko Widodo untuk ditangani oleh Heru yang akan menjabat selama dua tahun ke depan.

Heru merasa belum memiliki kewenangan untuk menjawab hal tersebut. Heru masih menunggu masa saat dirinya telah menggantikan Anies dan resmi menjabat mulai Senin, 17 Oktober mendatang.

"Gubernurnya masih Pak Anies Baswedan. Jadi, nanti saja, Senin. Kita harus menghargai Beliau (Anies) yang masih menjadi Gubernur sampai tanggal 16 Oktober," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 12 Oktober.

Mendengar jawaban Heru, Anies tersenyum. "Jangan tanya dulu, sekarang. Dilantik saja belum, (malah) dikasih beban pertanyaan," ujar Anies. Heru, yang berada di sebelah Anies, ikut tersenyum usai Anies ikut merespons.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Pj Gubernur terpilih Heru Budi Hartono/FOTO: Diah Ayu-VOI

Anies menjelaskan, pertemuan antara dirinya yang sebentar lagi mengakhiri masa jabatannya dengan Heru yang akan memimpin Jakarta selama 2 tahun ke depan dikemas dengan suasana santai.

Selain bercerita kepada Heru mengenai program-program Pemprov DKI yang telah dikerjakan selama lima tahun terakhir, Anies menyebut dirinya tidak secara spesifik menyoroti titik berat permasalahan Jakarta yang belum selesai.

Sebab, menurutnya, pemimpin di Jakarta semestinya bisa mengurusi semua urusan kepemerintahan.

"Kita tidak (membahas titik berat masalah Jakarta). Semua urusan di Jakarta itu harus dikerjakan. Jadi, tidak bisa hanya satu, dua. Dari mulai ibu hamil sampai masalah pemakaman, itu semua ditangani," urai Anies.

"Siang ini intinya kita silaturahmi dan sama-sama bersiap supaya kami bisa ikut membantu apa yang dikerjakan. Seperti yang saya sampaikan sejak kemarin, kami siap untuk mendukung hari hari ke depan ketika beliau (Heru) bertugas supaya tugasnya bisa lebih baik," lanjut dia.