PR Heru Budi Hartono di DKI Jakarta: Atasi Banjir hingga Macet, Ini Solusi yang Ditawarkan Pj Gubernur
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Pj Gubernur terpilih Heru Budi Hartono/FOTO: Diah Ayu-VOI

Bagikan:

YOGYAKARTA – Heru Budi Hartono telah resmi menjadi penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta. Sebagai Pj Gubernur, Heru mempunyai tugas penting yang harus segera diselesaikan. Lantas, apa saja PR Heru Budi Hartono di DKI?

PR Heru Budi Hartono di DKI

Sebelum dilantik menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk mengatasi masalah banjir dan macet.

"Kemarin saya sudah saya sampaikan kepada Pak Heru, utamanya persoalan utama di DKI Jakarta, macet, banjir harus ada progres perkembangan yang signifikan," kata Jokowi, dikutip dari Antara, Rabu, 18 Oktober 2022.

Selain itu, pekerjaan rumah yang diberikan Jokowi kepada Heru adalah menangani persoalan tata ruang di Jakarta.

"Harus ada progres perkembangan yang signifikan, yang ketiga hal yang berkaitan dengan tata ruang," ucap Jokowi.

Strategi Heru Budi Hartono Cegah Banjir di DKI

Selama ini, Pemprov DKI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merencanakan sejumlah program penanganan banjir, seperti normalisasi sungai, pembuatan sodetan, hingga pembangunan tanggul di kawasan Pantai Utara Jakarta.

Terkait hal ini, Heru bakal menjalin koordinasi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk melakukan percepatan program tersebut.

"Pertama disinergikan kedua apa yang dilakukan pemerintah daerah, tentunya bekerja sama dengan pemerintah pusat dalam secepatnya penanggulangan banjir, mengurangi," ungkap dia, Menyadur VOI.

Heru menjelaskan terdapat tiga penyebab banjir. Di antaranya adalah rob atau kenaikan air laut, hujan lokal, dan kiriman air dari hulu atau daerah penyangga.

Dalam upaya penanggulangan banjir rob, Heru akan mengantisipasinya dengan membangun waduk serta melanjutkan pembuatan dan perbaikan tanggul di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Terkait hujan lokal yang menyebabkan banjir, Pemprov DKI akan merevitalisasi saluran air. "Bisa revitalisasi saluran-saluran yang ada. Ini dalam waktu jangka dekat, penguatan-penguatan rumah pompa, menaruh rumah pompa di tempat-tempat strategis dan di tempat-tempat kemacetan akibat banjir," papar Heru.

Pada penyebab banjir kiriman dari hulu, Heru akan berkoorsinasi dengan Menteri PUPR untuk pembangunan waduk di daerah penyangga hingga pembangunan sodetan air dan berbagai upaya lainnya.

Strategi Heru Budi Hartono Atasi Macet di DKI Jakarta

Ilustrasi Kemacetan di Ibu Kota
Ilustrasi Kemacetan di Ibu Kota (Antara)

Heru Budi Hartono mempunyai dua opsi untuk mengatasi kemacetan di ibu kota. Seperti yang sudah disinggung di atas, kemacetan merupakan salah satu PR yang harus diselesaikan Heru selama manjadi Pj Gubernur DKI Jakarta hingga 2024.

Untuk mengatasi kemacetan, Heru bakal mengurangi u-turn atau putaran U dan menambah jalur satu arah di Jakarta. "Programnya mungkin mengurangi u-turn, terus menambah satu arah di waktu-waktu tertentu. Bisa pagi (atau) sore," kata Heru, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Akan tetapi, sambung Heru, program ini perlu diskusi yang lebih komprehensif dengan berbagai pihak terkait. "Itu kan perlu komunikasi dengan masyarakat, perlu komunikasi dengan rekan DPRD masukan-masukannya. Yang berikutnya tentun berkomunikasi dengan Forkopimda, tentunya dengan Polda dan untuk mengurangi kemacetan," papar Heru.

Sebelumnya, Heru pada Rabu, 12 Oktober 2022 juga pernah menyampaikan bahwa Jakarta memiliki cetak biru yang mumpuni dalam mengatasi kemacetan lalu lintas yang telah diterapkan sejak era kepimpinan Gubernur Wiyogo Atmodarminto.

Lalu, cetak biru itu juga diterjemahkan dengan program transportasi TransJakarta sewaktu era Gubernur Sutiyoso.

Dia memastikan akan melanjutkan pembangunan moda transportasi massal TransJakarta dan juga MRT.

“Tentunya transportasi terpadu seperti MRT harus dilanjutkan, bukan hanya dari Lebak Bulus sampai Kota, nanti ada dari Pulo Gadung sampai ke Dukuh Atas,” kata Heru di Kompleks Istana Negara, melansir VOI.

Demikianlah PR Heru Budi Hartono di DKI beserta strateginya untuk mengatasi permasalahan banjir hingga macet di DKI.