Wali Kota Makassar Danny Pomanto Perintahkan Camat Antisipasi Banjir
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat meninjau waduk Nipa-nipa melihat ketinggian air karena musim penghujan telah masuk. ANTARA/HO/Pemkot Makassar

Bagikan:

MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) meminta kepada seluruh camat agar melakukan langkah antisipasi banjir karena musim penghujan.

"Perhatikan drainase dan segera angkat sedimentasinya jika sudah mulai tinggi. Musim penghujan sekarang sudah masuk, kita antisipasi dari sekarang supaya tidak terjadi banjir," ujar Danny Pomanto di Makassar dilansir ANTARA, Senin, 10 Oktober.

Wali Kota mengatakan upaya antisipasi harus dilakukan semua jajaran agar tidak terjadi banjir.

Danny Pomanto menyebutkan beberapa wilayah yang setiap tahun selalu menjadi langganan banjir perlu penanganan lebih intensif seperti di BTN Kodam III dan Blok X Antang Manggala.

Khusus di BTN Kodam III yang berbatasan dengan kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros, pihaknya sudah melakukan penanganan spesifik.

Penanganan yang dimaksud yakni dengan membuatkan lintasan dengan meluruskan sungainya bersama pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan.

"Kita akan pantau terus itu di Kodam III, nanti kita lihat bagaimana hasilnya karena sudah kita buat pelurusan sungainya," katanya.

Danny Pomanto juga memerintahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, dan lurah untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan angin kencang.

Dengan secara berkala, OPD diminta memantau wilayahnya masing-masing dan melaporkan kondisi wilayahnya setiap saat.

"Saya selalu memantau prakiraan cuaca BMKG. Seperti kemarin kan banjir semua, Bali banjir, Jakarta banjir, semua banjir. Tapi kita antisipasi," tutur Danny.

Wali Kota Makassar juga berharap masyarakat turut membantu dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat yang dapat memicu terjadinya penumpukan dan menghalangi jalur air.