BPBD: Pembangunan Huntara Korban Banjir Torue Rampung November
Ilustrasi - Seorang warga Desa Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah sedang beraktivitas di rumahnya yang rusak akibat dampak diterjang banjir bandang, Rabu (3/8/2022). ANTARA/Moh Ridwan

Bagikan:

PALU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah mengatakan pembangunan hunian sementara (huntara) korban banjir bandang di Desa Torue, Kabupaten Parigi Moutong ditargetkan selesai pada November 2022.

"Saat ini sedang proses pematangan lahan. Material konstruksi sudah berada di lokasi pembangunan," kata Kepala Sub Bagian Rekonstruksi BPBD Sulteng Darussalam di Palu dilansir ANTARA, Senin, 10 Oktober.

Huntara dibangun untuk korban banjir Torue sebanyak 52 unit sesuai jumlah kepala keluarga (KK) terdampak parah, dengan seksama bangunan ukuran 6x6 meter persegi atau tipe 36 menggunakan material baja ringan dan kasliboard.

Sebelumnya huntara menggunakan skema relokasi, namun sejumlah warga meminta dibangunkan di lahan mereka sendiri.

Karenanya disepakati pembangunan sebagian menggunakan lahan disiapkan pemerintah setempat dan sebagian lagi dibangunkan di lokasi milik warga yang menjadi korban.

"Sebanyak 28 KK mau direlokasi karena mereka tidak memiliki lahan, sedangkan sisanya meminta dibangunkan di lahan mereka sendiri dan itu sudah disepakati bersama sesuai hasil konsolidasi kami di lapangan," ujar Darussalam.

Huntara dibangun untuk korban bencana di Desa Torue memperhatikan berbagai aspek, diantaranya aspek lingkungan maupun aspek kenyamanannya, dalam artian pemerintah tetap memperhitungkan privasi penggunanya.

Belajar dari penyediaan huntara bagi korban gempa Palu dan sekitarnya, maka Pemprov Sulteng mengedepankan bangunan tersebut ramah terhadap perempuan dan anak guna meminimalisir kasus-kasus asusila, salah satunya kekerasan seksual.

"Sebagaimana petunjuk teknis penggunaan huntara berlaku selama dua tahun, lahan disiapkan Pemkab Parigi Moutong berstatus pinjam pakai," ucap Darusallam.

Pemerintah berjanji akan membangunkan hunian tetap kepada korban banjir bandang Torue, oleh karena proses dan tahapan pembangunan cukup panjang, untuk sementara mereka disiapkan hunian yang penggunaannya bersifat jangka pendek.

"Calon lahan huntap sudah ada kurang lebih seluas 1 hektare, kami masih menunggu langkah Pemkab Parigi Moutong melakukan pembebasan," kata Darussalam.