Presiden Putin: Terlepas dari Tragedi saat Ini, Kami Sangat Menghormati Orang, Budaya hingga Bahasa Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Sumber: Kremlin.ru/TASS/Sergey Bobylev)

Bagikan:

JAKARTA - Rusia selalu sangat menghormati rakyat Ukraina, budaya dan bahasa, kata Presiden Vladimir Putin dalam pertemuan dengan finalis kontes Guru Tahun Ini.

Dijelaskan olehnya, rencana pengembangan wilayah baru Rusia harus komprehensif dan mencakup pengembangan proses pendidikan.

"Akan ada rencana terpisah untuk bantuan ke Donbass, Zaporizhzhia dan Kherson, tentu saja. Saya sudah mengatakan ini dalam pidato pembukaan saya," ujar Presiden Putin, dilansir dari TASS 6 Oktober.

"Ini harus komprehensif, harus dikombinasikan tidak hanya dengan pengembangan infrastruktur, yang jelas. Hal yang sama juga berlaku untuk infrastruktur olahraga dan perawatan medis," lanjutnya.

"Terlepas dari tragedi saat ini, kami selalu sangat menghormati orang-orang Ukraina, budaya Ukraina, bahasa dan sastra Ukraina, dan sebagainya. Dan kami tidak pernah mengizinkan apa pun yang diizinkan di Ukraina, sehubungan dengan budaya Rusia dan bahasa Rusia," tandas Presiden Putin.

Lebih jauh Presiden Putin menekankan, Rusia akan menempuh jalannya sendiri, memperlakukan segala sesuatu di Ukraina dengan hormat.

"Kami memiliki tiga juta warga Rusia asal Ukraina. Kami tidak membuat perbedaan dan tidak akan membuat perbedaan antara Rusia dan Ukraina, tetapi, sambil melanjutkan cara konstruktif kami sendiri, tanpa keraguan, kami akan menepis semua yang menghalangi kita untuk maju. Sangat penting untuk mengatur proses pendidikan dengan cara yang selalu menjadi kebanggaan Rusia dan akan tetap demikian di masa depan," pungkasnya.