Banyak Motor Mogok, Genangan Air di Cawang Jaktim Sebabkan Kemacetan
Ilustrasi genangan air di Jakarta/ Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur membantu menangani genangan di Jalan DI Panjaitan, Cawang, Jakarta Timur, akibat hujan deras pada Selasa, sekitar pukul 16.30 WIB. Akibatnya terjadi kemacetan dan tak sedikit motor yang mati karena masalah pada mesin.

Petugas Sudin SDA Kecamatan Jatinegara, Albert, mengatakan bahwa genangan setinggi 40 sentimeter tersebut terjadi akibat hujan dengan intensitas sedang mengguyur Jakarta Timur.

"Untuk anggota SDA kurang lebih ada 15 orang yang dikerahkan. Banjir ini disebabkan curah hujan yang cukup lebat," kata Albert mengutip Antara, Selasa 4 Oktober.

Albert menambahkan akibat hujan tersebut membuat saluran air di Jalan DI Panjaitan tak mampu menampung debit air hingga meluap ke jalan raya yang sedang dipadati pengendara kendaraan bermotor.

"Saluran yang di sini tidak cukup menampung karena tingginya curah hujan," ujar Albert.

Arus lalu lintas di Jalan DI Panjaitan mengalami kemacetan panjang akibat genangan tersebut. Banyak pengendara kendaraan bermotor yang melambatkan lajunya saat melewati genangan.

Tak hanya itu, sejumlah pengendara sepeda motor yang nekat menerobos banjir pun harus mengalami mati mesin.

Albert mengatakan bahwa petugas Sudin SDA Jakarta Timur tak hanya melakukan penanganan genangan di lokasi tersebut, namun juga membantu pengendara sepeda motor yang mengalami masalah mesin.

"Kalau hujan berhenti biasanya surut dengan waktu 20 menit," kata Albert.