Bagikan:

JAKARTA - Hujan yang mengguyur Kota Jakarta dan sekitarnya menimbulkan genangan di sejumlah ruas jalan di Jakarta. Salah satunya terjadi di Jalan DI Panjaitan, Cawang, Jatinegara, Jakarta Timur.

Akibat banjir, satu ruas jalan tak bisa dilintasi kendaraan karena adanya genangan banjir setinggi 50 cm. Imbasnya, kemacetan mengular panjang dari arah PCG Cililitan ke arah Tanjung Priok.

Bahkan, sejumlah kendaraan roda dua mengalami mogok ketika berusaha menerjang genangan banjir di kawasan itu.

"Jalan DI Panjaitan memang sering banjir jika curah hujan yang mengguyur kota Jakarta cukup tinggi," kata Sapto Hadi, pengendara yang melintas di lokasi, Rabu 27 Oktober.

Akibat genangan yang terjadi itu, Sapto terpaksa harus menunggu hingga genangan surut. Namun jika genangan masih terjadi, dirinya mengaku terpaksa akan menerjang banjir itu.

"Macet lumayan (panjang). Kalau hujan deras sini sering, jadi telat saya mau kerja. Kalau terpaksa paling terobos genangan ini," katanya.

Sapto berharap masyarakat tidak membuang sampah sembarang di saluran air agar tidak terjadi sumbatan.

"Banyak yang buang sampah sembarangan juga. Harapan kepada pemerintah agar engga banjir lagi (disini)," ucapnya.

Sementara sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat harus bersabar bergantian saat melintasi Jalan DI Panjaitan, Jatinegara. Kendaraan yang nekat menerobos banjir mengalami mogok mesin.

Banjir ini disebabkan oleh tingginya intensitas hujan dan buruknya sistem drainase. Meski sejumlah petugas Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur dikerahkan, namun air masih tergenang.