Keuntungan Investasi Obligasi yang Selalu Stabil
Keuntungan Investasi Obligasi (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Obligasi adalah bagian penting dari portofolio investasi apa pun, tetapi tidak disukai oleh beberapa investor. Selama bertahun-tahun, banyak orang diberitahu bahwa saham adalah metode terbaik untuk menghasilkan uang dalam jangka panjang. Pola pikir itu masih bertahan hingga hari ini, bahkan setelah dua keruntuhan pasar saham dalam beberapa dekade terakhir. Lalu, apa keuntungan investasi obligasi?

Mereka yang meremehkan peran obligasi mungkin kehilangan kesempatan untuk menghasilkan uang. Pelajari lebih lanjut tentang mengapa Anda tidak boleh mengabaikan obligasi sebagai bagian dari strategi investasi Anda.

Keuntungan Investasi Obligasi

Ilustrasi Investasi (Unsplash)
Ilustrasi Investasi (Unsplash)

 

Obligasi Memberikan Pendapatan

Sementara banyak investasi memberikan beberapa bentuk pendapatan, obligasi cenderung menawarkan arus kas tertinggi dan paling stabil. Bahkan pada saat harga rendah, masih ada banyak pilihan yang dapat Anda gunakan untuk membangun portofolio yang memenuhi kebutuhan penghasilan Anda. Metode ini dapat mencakup obligasi dengan imbal hasil tinggi atau utang pasar berkembang.

Yang terpenting, portofolio obligasi yang kuat dapat memberikan hasil yang layak dengan tingkat volatilitas yang lebih rendah daripada ekuitas. Mereka juga dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada dana pasar uang atau instrumen bank. Ini semua berarti bahwa obligasi adalah pilihan yang baik bagi mereka yang perlu hidup dari pendapatan investasi mereka.

Diversifikasi Penawaran Obligasi

Hampir semua orang pernah mendengar ungkapan “Jangan taruh semua telurmu dalam satu keranjang.” Ini sangat benar bagi investor. Ini mungkin klise, tetapi kebijaksanaanlah yang telah teruji oleh waktu. Seiring berjalannya waktu, diversifikasi yang lebih besar dapat memberi Anda pengembalian yang disesuaikan dengan risiko yang lebih baik daripada portofolio yang sempit. Dengan kata lain, ini mengurangi jumlah pengembalian relatif terhadap risiko.

Lebih penting lagi, obligasi dapat membantu melestarikan modal bagi investor ekuitas pada saat pasar saham jatuh.

Obligasi Pertahankan Pokok

Investasi pendapatan tetap sangat berguna bagi orang-orang yang mendekati titik di mana mereka perlu menggunakan uang tunai yang telah mereka investasikan. Misalnya, ini bisa berlaku untuk seseorang yang dalam waktu lima tahun pensiun atau orang tua yang anaknya mulai kuliah. Saham dapat menghadapi tingkat volatilitas yang besar dalam waktu singkat, seperti kehancuran tahun 2001 dan 2002 atau krisis keuangan tahun 2008 dan 2009, tetapi portofolio obligasi yang terdiversifikasi jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kerugian besar dalam jangka pendek.

Akibatnya, mungkin ada baiknya untuk meningkatkan alokasi Anda ke pendapatan tetap dan mengurangi alokasi Anda ke ekuitas saat Anda semakin dekat dengan tujuan Anda.

Obligasi Menawarkan Keuntungan Pajak

Jenis obligasi tertentu juga dapat bermanfaat bagi mereka yang perlu mengurangi beban pajak mereka. Pendapatan dari instrumen bank, sebagian besar dana pasar uang, dan ekuitas dikenakan pajak kecuali aset tersebut disimpan dalam akun penangguhan pajak, tetapi bunga obligasi daerah bebas pajak di tingkat federal. Jika Anda memiliki obligasi kota yang diterbitkan oleh negara bagian tempat Anda tinggal, itu juga bebas pajak di tingkat negara bagian.1

Pendapatan dari surat berharga U.S. Treasury bebas pajak di tingkat negara bagian dan lokal.2 Alasan pajak seharusnya tidak menjadi alasan utama Anda memilih investasi, terutama jika Anda berada di golongan pajak yang lebih rendah. tetapi alam semesta pendapatan tetap menawarkan sejumlah cara untuk meminimalkan beban pajak Anda.

Kapan obligasi merupakan investasi yang baik?

Obligasi adalah investasi yang baik ketika manfaat yang tercantum di sini adalah tujuan utama Anda. Dengan kata lain, jika tujuan utama Anda berinvestasi adalah pelestarian modal dan pendapatan, maka obligasi mungkin layak dipertimbangkan. Jika, di sisi lain, Anda adalah investor yang lebih muda dengan jangka waktu yang lebih panjang yang ingin memprioritaskan apresiasi modal, maka obligasi mungkin tidak layak dipertimbangkan.

Apa manfaat obligasi jangka panjang dibandingkan obligasi jangka pendek?

Obligasi jangka panjang menawarkan hasil yang lebih tinggi daripada obligasi jangka pendek. Ada lebih banyak risiko yang terkait dengan mengunci dolar investasi Anda untuk jangka waktu yang lebih lama, sehingga investor diberi kompensasi atas risiko itu dengan lebih banyak pendapatan.

Setelah memahami keuntungan investasi obligasi, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!