Meski Positif COVID-19, Anies Tetap Pimpin Jakarta dari Rumah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan dirinya terkonfirmasi positif COVID-19. Meski sedang menjalani kesembuhan, Anies menyebut akan tetap memimpin Jakarta dari rumah.

"Saya akan tetap bekerja dari rumah, secara virtual, memimpin rapat secara virtual," kata Anies dalam keterangannya, Selasa, 1 Desember.

Anies mengklaim urusan pemerintahan selama dirinya positif COVID-19 tidak akan menjadi masalah. Meskipun, saat ini Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga sedang positif COVID-19.

"Sejak Maret sudah terbiasa bekerja secara virtual dan insyaallah tidak akan ada gangguan dalam proses pengambilan keputusan dan pemerintahan," ungkap dia.

 

Saat ini, Anies mengaku kondisinya baik dan masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG) COVID-19. Setelah konsultasi dengan dokter, saya menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis. 

"Isolasi mandiri di rumah dinas, di mana saya akan tinggal sendiri, sementara keluarga akan tetap tinggal di rumah pribadi yang selama ini kita tempati," ungkapnya.

Lebih lanjut, Anies meminta semua orang yang pernah berinteraksi selama beberapa hari terakhir untuk melakukan tes usap PCR. 

"Bagi siapapun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari terakhir, bisa kontak ke puskesmas terdekat untuk menjalani swab test," kata Anies.

Selain itu, Anies telah memerintahkan Dinas Kesehatan DKI untuk menghubungi siapa saja orang yang sebelumnya melakukan kontak erat dengan Anies.

"Tentu tim tracing dari Dinkes juga akan mendata dan menghubungi kontak erat saya. Seluruh prosedur terkait akan dijalankan," ucapnya.