Puan dan Airlangga Bakal Bertemu Akhir Pekan Ini, Bahas Pilpres 2024
Airlangga Hartarto-Puan Maharani/Kolase istimewa

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PDIP Puan Maharani melanjutkan safari politiknya menemui para ketua umum parpol untuk komunikasi menjelang Pemilu 2024. Puan dijadwalkan bertemu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada Sabtu, 8 Oktober, pekan ini. 

Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia, mengatakan pertemuan kedua Puan dan Airlangga pada akhir pekan ini untuk membahas sejumlah hal, termasuk Pilpres 2024.

"Rencana sih tanggal 8 Oktober ini. Seperti biasanya, ini melanjutkan saja apa yang selama ini sudah dilakukan oleh Pak Airlangga dan Golkar," ujar Doli kepada wartawan, Senin, 3 Oktober. 

Sedianya, Puan dan Airlangga Bertemu pada 3 September lalu. Namun sempat tertunda lantaran Menko Perekonomian itu harus menemani Presiden Jokowi di Lampung. Ketua Komisi II DPR itu lantas menyebut, pertemuan Airlangga dan Puan sebagai silaturahmi kebangsaan. 

"Apalagi rencana bertemu dengan Bu Puan sudah lama, sudah tertunda dua kali, jadi meneruskan apa yang sudah pernah direncanakan dan pasti yang utama adalah membicarakan situasi kebangsaan hari ini," jelas Doli.

Tentu, lanjut Doli, situasi kebangsaan hari ini tidak bisa terlepas dari persiapan pemilu. Karenanya, dia memastikan pertemuan keduanya juga membahas soal Pilpres 2024. 

"Kita kan sama-sama tahu mulai sekarang orang sudah bicara tentang soal persiapan Pemilu 2024. Artinya kalau kita bicara situasi kebangsaan, hari ini nggak bisa dipungkiri pasti akan bicara tentang Pemilu 2024 ya salah satunya bicara tentang pilpres," katanya.

Namun, Doli mengaku belum mengetahui agenda khusus dan waktu pertemuan itu. Menurutnya, hal tersebut merupakan kesepakatan antara Airlangga dengan Puan.

"Itu yang nanti kesepakatan antara Pak Airlangga dengan Bu Puan tempatnya di mana. Terus kemudian acaranya seperti apa. Itu pembicaraan antara Pak Airlangga dan Bu Puan," kata Doli.

Sebelumnya, kabar pertemuan Puan dan Airlangga sudah dibenarkan Ketua Bappilu DPP PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul. Namun, Pacul tak mau mengungkap kapan Puan akan menemui Airlangga. 

"Dengan Golkar, nanti kita kabari," ujar Bambang Pacul di Gedung DPR, Jumat, 30 September. 

Menurutnya, soal pertemuan Puan dengan Golkar akan diinformasikan lebih lanjut agar ada unsur kejutan. Dia pun mengaku tidak mau mendahului DPP jika memberitahukan waktu pertemuan lebih awal.  

"Itu namanya saya mendahului, nggak diizinkan gitu loh. Tapi selama selalu ada yang dicatat, itu namanya kalau di dalam bahasa gitu kan elemen of suprise-nya harus ada yang tidak dikau duga, kan begitu," kata Pacul.

Lagipula, kata dia, para legislator saat ini tengah fokus mempersiapkan acara Pertemuan The G20 Parliamentary Speakers' Summit (P20) yang diselenggarakan pada 5-7 Oktober, pekan depan. "Nanti kan ada P20 parlemen di sini, jadi tentu parlemen semua sibuk dalam rangka P20," jelasnya.