Bagikan:

JAKARTA - Dinas Kebudayaan DKI Jakarta mengakui secara visual, revitalisasi Halte TransJakarta Bundaran HI halangi pandangan mata ke Patung Selamat Datang. Tapi tak ganggu Objek Diduga Cagar Budaya (ODCG) itu.

Kadis Kebudayaan DKI Iwan Wardhana malah mendorong proyek revitalisasi halte dengan bentuk menyerupai perahu itu tetap dilanjutkan.

Ia mengakui secara visual, proyek revitalisasi halte berlantai tiga itu akan menghalangi pandangan mata khususnya saat melintas dari arah Sarinah karena bersinggungan sekitar 1,5 meter dari dek lantai atas halte tersebut.

Temuan itu, kata dia, didapatkan saat pihaknya mengunjungi proyek itu ketika sudah dikerjakan beberapa waktu lalu.

"Jadi saya tidak mengkhawatirkan, saya bilang terus saja jalan (pembangunannya)," ucap Iwan, Jumat 30 September dilansir Antara.

TransJakarta, tidak mengajukan permohonan untuk menerima masukan atau rekomendasi melalui sidang Tim Sidang Pemugaran (TSP) sebelum proyek itu dibangun.

"Saat ini permohonan dari TransJakarta memang belum, tapi programnya sudah berjalan. Biarkan saja jalan. Nanti bilamana memenuhi kebutuhan, atau ada persinggungan mengenai cagar kebudayaan, kami bisa melakukan persidangan," katanya.

Kalau pun ada rekomendasi dari Tim Sidang Pemugaran atau Tim Ahli Cagar Budaya --kata Iwan, itu tidak bersifat mutlak.

"Rekomendasi itu adalah catatan keahlian yang diberikan oleh para tenaga ahli yang memiliki latar belakang keilmuan sesuai dengan kebutuhan pemohon agar memenuhi kaidah pelestarian cagar budaya. Tapi, ada tapinya, dia tidak bersifat mutlak," imbuh Iwan.