Kapolri Ganti Kapolres Metro Jakarta Selatan Hingga Jajaran Divisi Propam
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo jumpa pers perkembangan kasus pembunuhan Brigadir J di Mabes Polri pada 9 Agustus 2022. (Rizky A-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi sejumlah anggotanya. Mulai dari penunjukan Kapolres Jakarta Selatan hingga pergantian pejabat Divisi Propam.

Dalam Surat Telegram Rahasia (STR) dengan nomor ST/2046/IX/KEP./2022 tertanggal 24 September 2022 Agustus 2022.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo yang dikonformasi mengenai mutasi sejumlah anggota Polri itupun mengamininya. Dia menyebut STR itu ditandatangani AS SDM Polri Irjen Wahyu Widada.

"Ya betul (ada mutasi), nanti akan disampaikan Kabag Penum Humas Polri," kata Dedi saat dikonfirmasi, Senin, 26 September.

Dalam mutasi itu, ada nama Kombes Ade Ary yang ditunjuk sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan.

Jabatan itu sedianya sempat diemban oleh Kombes Budhi Herdi Susianto. Tapi, dia dinonaktifkan dan dimutasi ke Yanma Polri karena terlibat dalam kasus pembunuhan berencana Nopriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Kemudian, beberapa anggota yang dimutasi dari jabatan Divisi Propam antara lain, Kombes Sakeus Ginting yang sebelumnya Kabagstandar Rowabprof dianggkat menjadi Seswabprof.

Lalu, Kombes Yudo Hermanto yang sebelumnya menjabat Kabid Propam Polda Banten ditunjuk sebagai Kabagbinpam Ropaminal Divisi Propam.

Dalam STR itu, Kapolri juga merotasi beberapa perwira tinggi (Pati) Korps Bhayangkara. Misalnya, Brigjen Agus Suharnoko untuk menjadi Wakapolda Kepulauan Riau.

Selanjutnya, Brigjen Mujiyono yang ditunjuk sebagai Wakapolda Kalimantan Timur. Dia bakal menggantikan Brigjen Hariyanto dan yang telah memasuki masa pensiun.

Ada juga Brigjen Syamsul Bahri menjadi Wakapolda Aceh untuk mengisi posisi Brigjen Agus Kurniady yang kini sudah pensiun.