PM Liz Truss Pertimbangkan Relokasi Kedutaan Besar Inggris ke Yerusalem
PM Inggris Liz Truss. (Twitter/@trussliz)

Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri Inggris Liz Truss sedang mempertimbangkan pemindahan Kedutaan Besar Inggris di Israel, dari Tel Aviv ke Kota Suci Yerusalem.

PM Truss mengangkat kemungkinan pemindahan kedutaan tersebut selama pertemuan dengan PM Israel Yair Lapid, di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York pada Hari Rabu, melansir The National News 22 September.

Langkah itu akan mengikuti keputusan Donald Trump ketika dia menjadi presiden, untuk memindahkan kedutaan AS ke Yerusalem, yang memicu kontroversi di seluruh dunia.

Sebelumnya, meskipun Israel menunjuk Yerusalem sebagai ibu kotanya, Inggris telah lama mempertahankan kedutaannya di Tel Aviv.

Seorang juru bicara Downing Street mengatakan, PM Truss memberi tahu PM Lapid "tentang ulasannya mengenai lokasi kedutaan Inggris saat ini di Israel".

PM Truss mengatakan, dia memahami "penting dan kepekaan" di terkait lokasi kedutaan.

Sementara mengutip Haaretz, dalam pertemuan tersebut PM Lapid mengulangi perlunya untuk menghindari konsesi lebih lanjut dalam negosiasi dengan Iran, menekankan Israel mengharapkan kesepakatan jangka panjang dan lebih ketat dengan Teheran, yang akan memberikan jawaban atas semua ancaman yang ditimbulkan.