JK Kenang Tulisan Almarhum Azyumardi Azra Dituangkan dalam Banyak Buku
JK menyambut almarhum Ketua Dewan Pers Prof. Azyumardi Azra di di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (ANTARA/Azmi Samsul Maarif)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla (JK) menyebutkan Ketua Dewan Pers Prof. Azyumardi Azra banyak berkontribusi menulis buku dalam pemikiran-pemikiran Islam di Indonesia.

"Beliau begitu banyak menulis buku, saya kira dari banyaknya akademisi dalam menuangkan pemikiran-pemikiran Islam paling banyak," ucap JK usai menyambut kedatangan jenazah di Gedung Human Remains Transit Lounge Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dikutip dari Antara, Selasa 20 September.

Menurutnya, sosok Azyumardi juga adalah seorang akademisi handal dan telah banyak meninggalkan jasa dengan menuangkan pikirannya melalui buku dan media.

Selain itu, sumbangsih Guru Besar UIN melalui karya tulisannya tersebut dapat disimpulkan telah berpengaruh besar terhadap kehidupan sosial di Indonesia.

"Sehingga pemikirannya sangat berpengaruh dalam kehidupan sosial kita," katanya.

JK menyampaikan rasa duka cita yang mendalam terhadap keluarga duka atas meninggalnya almarhum.

"Saya ucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum Prof. Azyumardi," kata JK.

Sebelumnya, Jusuf Kalla dan Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) Pratikno, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki serta keluarga duka hadir untuk menyambut kedatangan jenazah Prof. Azyumardi Azra di Bandara Soekarno-Hatta Banten, Senin 19 September malam.

Setibanya di Bandara, jenazah langsung dilakukan proses serah terima dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) pada pukul 23.45 WIB.

Selanjutnya, jenazah almarhum dilakukan pemindahan ke mobil ambulans yang disiapkan untuk membawa ke rumah duka di wilayah Ciputat Timur, Tangerang Selatan.